Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lelang Jadi Katalis Positif Buat Pasar SUN

Katalis positif bagi pergerakan harga SUN Selasa (18/6/2019) masih berasal dari proyeksi meningkatnya minat investor dalam lelang surat utang negara (SUN).
SURAT UTANG NEGARA
SURAT UTANG NEGARA

Bisnis.com, JAKARTA -- Katalis positif bagi pergerakan harga SUN Selasa (18/6/2019) masih berasal dari proyeksi meningkatnya minat investor dalam lelang surat utang negara (SUN).

Analis Fixed Income Mirae Asset Sekuritas, Dhian Karyantono mengatakan, minat investor yang tercermin dari jumlah incoming bids, diperkirakan mencapai Rp30 – Rp40 triliun.

Menurutnya, jumlah tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan jumlah incoming bids pada lelang terakhir pada 21 Mei 2019 yang hanya sekitar Rp26,20 triliun. 

Proyeksi kenaikan minat investor dalam lelang SUN kali ini, didorong oleh masih terjaganya ekspektasi pelaku pasar obligasi terhadap kemungkinan diturunkannya suku bunga acuan The Fed dan Bank Indonesia pada tahun ini. 

"Apalagi, momentum terjaganya ekspektasi pelaku pasar terhadap kemungkinan penurunan suku bunga acuan tahun ini terjadi jelang pertemuan pembahasan kebijakan moneter kedua bank sentral tersebut pada minggu ini," jelasnya melalui riset Selasa (18/6/2019).

Dia merekomendasikan seri FR0078, FR0068, FR0079, dan FR0076 pada lelang hari ini.

Sementara itu, terkait dengan perdagangan jangka pendek atau intraday trading, investor bisa menggunakan seri FR0078 dan FR0068 pada perdagangan hari ini. 

Hal tersebut didasarkan pada proyeksi kenaikan incoming bids dalam lelang SUN kali ini. Selain itu, juga didasarkan pada kemungkinan adanya katalis positif  yang berasal dari membaiknya data Indeks Produksi Industri dan Penjualan Eceran Turki per April 2019 pada perdagangan sesi kedua, serta adanya indikasi rencana stimulus ekonomi Kawasan Euro melalui pidato Gubernur Bank Sentral Eropa

Long-Term Trading, didasarkan pada proyeksi kenaikan minat investor (kenaikan incoming bids) dalam lelang SUN hari ini, dia merekomendasikan investor untuk aksi hold hingga buy seri SUN tenor menengah dan panjang di antaranya FR0059, FR0078, FR0074, FR0065, FR0068, FR0072, FR0075, dan FR0079. 

Selain itu, investor bisa mencoba alternatif lain pada seri-seri PBS didasarkan pada tingkat imbal hasil yang relatif masih tinggi dibandingkan dengan tenor yang sama pada seri SUN.   

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Riendy Astria
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper