Lebih Untung, UNTR Salurkan Rp5 Miliar untuk Anak Usaha

Emiten kontraktor pertambangan dan alat berat PT United Tractors Tbk. (UNTR) memberikan pinjaman Rp5 miliar kepada anak usaha. Manajemen mengklaim pemberian pinjaman ini lebih menguntungkan dibandingkan perseroan menyimpan dana kasnya di bank.
Lebih Untung, UNTR Salurkan Rp5 Miliar untuk Anak Usaha Hafiyyan | 23 Mei 2019 04:50 WIB
Lebih Untung, UNTR Salurkan Rp5 Miliar untuk Anak Usaha
Jajaran direksi PT United Tractors Tbk. yang baru. Perseroan mengganti dirut emiten dengan kode UNTR itu dalam rapat umum pemegang saham yang digelar Selasa (16/4/2019). - Bisnis/M. Nurhadi Pratomo

Bisnis.com, JAKARTA—Emiten kontraktor pertambangan dan alat berat PT United Tractors Tbk. (UNTR) memberikan pinjaman Rp5 miliar kepada anak usaha. Manajemen mengklaim pemberian pinjaman ini lebih menguntungkan dibandingkan perseroan menyimpan dana kasnya di bank.

Legal Function Head United Tractors Nataza P. Purba menyampaikan, pada 17 Mei 2019 perseroan dan anak usahanya, PT Mitra Bakti Utama (MBTU) menandatangani perjanjian pinjaman. MBTU sahamnya sebesar 75% dimiliki oleh Yayasan Karya Bakti UT, sedangkan 25% dipegang perseroan.

“Pinjaman tersebut digunakan MBUT sebagai modal kerja,” paparnya, dikutip Rabu (22/5/2019).

Pinjaman tersebut bersifat berulang atau revolving. Bunganya sesuai rate LPS ditambah 2% per tahun. Persetoan menyetujui pinjaman ini untuk kebutuhan operasional MBUT.

Selain itu, sambung Nataza, secara bisnis pinjaman ini akan lebih menguntungkan bagi UNTR apabila MBUT mendapatkannya, dibandingkan bila perseroan menyimpan dana kasnya di bank dengan rate deposito saat ini.

Pada penutupan perdagangan Rabu (22/5/2019), saham UNTR terkoreksi 325 poin atau 1,31% menjadi Rp24.400. Harga merosot 10,79% sepanjang tahun berjalan. Kapitalisasi pasarnya mencapai Rp91,02 triliun, dengan PER 7,45 kali.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
saham, emiten, united tractors

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top