Media Nusantara Citra (MNCN) Bidik Rp300 Miliar dari Iklan Kreatif

PT Media Nusantara Citra Tbk. (MNCN) akan mendorong keterlibatan pendapatan digital jauh melampaui ekspansi format iklan konvensional dari stasiun televisi free to air (FTA).
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 21 Mei 2019  |  13:50 WIB

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Media Nusantara Citra Tbk. (MNCN) akan mendorong keterlibatan pendapatan digital jauh melampaui ekspansi format iklan konvensional dari stasiun televisi free to air (FTA).

MNCN telah memperluas format iklannya menjadi iklan kreatif seperti built-in, iklan virtual, serta frame squeeze sejak 2018. Dalam hal ini, pendapatan dari iklan kreatif diharapkan bisa tumbuh 50% menjadi Rp300 miliar pada 2019.

Investor relation MNCN Marshall Pheri mengatakan semua inisiatif digital di atas harus membuat pendapatan digital grup melonjak tahun ini dan seterusnya.

Pendapatan digital perusahaan secara konsolidasi telah tumbuh secara signifikan dari Rp89 miliar pada 2017 menjadi Rp261 miliar pada 2018, mewakili pertumbuhan 192%. MNCN menargetkan pertumbuhan 100% per tahun dari pendapatan digital secara konsolidasi selama 2 tahun ke depan.

“Dari sisi pendapatan dari iklan kreatif akan tumbuh paling sedikit sekitar 50% dari Rp200 miliar pada 2018 menjadi Rp300 miliar pada 2019,” jelasnya melalui keterangan resmi, Selasa (21/5/2019).

Sejalan dengan ekspansi yang cepat dalam pembelanjaan dan konten iklan digital, MNCN juga mengembangkan sayap di bisnis digitalnya. Di antaranya aktivitas yang meliputi seluler digital, portal online, konten digital (untuk media sosial) dan lisensi untuk perpustakaan konten ke OTT dan platform streaming lainnya.

Dia menuturkan bahwa melalui berbagai salurannya, MNCN telah memiliki lebih dari 37 juta pelanggan dari pasokan konten pendek yang konsisten di YouTube. Selanjutnya, jumlah pengikut total grup di semua platform media sosial memiliki lebih dari 48 juta pengguna.

Pada kuartal III/2019, komglomerasi media milik Harry Tanoesoedibjo  juga akan melakukan ekspansi memperkenalkan dengan memperkenalkan RCTI +, platform digital yang terdiri dari streaming televise FTA. Platform ini lanjutnya dilengkapi bebrabagi fitur seperti TV, perpustakaan, dan konten kreatif lainnya.

Adapun konten kreatif, yang terdiri dari bloopers, di belakang layar, audisi, kuis, seri web, termasuk konten bentuk pendek, sedang, dan panjang lainnya secara eksklusif akan didapatkan oleh pengguna RCTI +.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
media nusantara citra, mncn, kinerja emiten

Editor : Riendy Astria

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top