Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Sentimen AS-China Dorong Harga Emas, Berikut Rekomendasinya

Harga emas mengalami penguatan seiring dengan sentimen Amerika Serikat dan China yang memanaskan situasi global. Hal ini membuat investor mengejar aset lindung nilai seperti emas.
Hafiyyan
Hafiyyan - Bisnis.com 07 Mei 2019  |  12:28 WIB
Sentimen AS-China Dorong Harga Emas, Berikut Rekomendasinya
Harga emas - Reuters
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Harga emas mengalami penguatan seiring dengan sentimen Amerika Serikat dan China yang memanaskan situasi global. Hal ini membuat investor mengejar aset lindung nilai seperti emas. Namun, investor disarankan melakukan aksi profit taking.

Pada perdagangan Selasa (7/5/2019) pukul 9.30 WIB, harga emas spot naik 1,19 poin atau 0,15% menjadi US$1.283,01 per troy ounce. Harga emas comex kontrak Juni 2019 juga meningkat 0,1 poin atau 0,1% menuju US$1.283,90 per troy ounce.

Tim analis Asia Trade Point Futures dalam laporannya menuliskan, eskalasi sengketa dagang antara AS dengan China tampak memicu pelaku pasar memburu emas sebagai salah satu instrument safe haven.

Ancaman Trump untuk mengenakan tarif impor lebih dari dua kali lipat menjadi 25% dari 10% terhadap barang-barang China senilai $200 miliar, membuat pelaku pasar khususnya investor berlari berlindung di balik emas.

“Hal ini tentu menjadi faktor atau momentum yang menjaga harga emas tetap bergulir pada teritori positif. Selain itu, pamor emas semakin meningkat setelah adanya ketegangan baru di Timur Tengah yang menyebutkan adanya dugaan Iran akan menyerang kepentingan AS di kawasan Teluk,” paparnya, Selasa (7/5/2019).

Namun demikian, penguatan harga emas menjadi kesempatan untuk melakukan profit taking. Rekomendasi kepada investor agar melakukan aksi jual. Berikut perinciannya.

Level resistan : 1.285 (sell), 1.289,83 (non trend), 1.294 (sell)
Level pivot : 1.281,06 (sell)
Level support : 1.276,46 (sell), 1.272,29 (sell), 1.267,69 (buy)

Sementara itu, dalam riset berbeda tim analis Monex Investindo Futures menuliskan, harga emas berpeluang untuk bergerak turun dalam jangka pendek di tengah meredanya ketegangan dagang antara AS dengan China.

Pasalnya, Beijing sebagai pusat pemerintahan China mengatakan akan tetap melanjutkan negosiasi di pekan ini. Harga memiliki level support terdekat berada di US$12.78 - US$1.273. Namun jika bergerak naik, level resisten berada di US$1.286 - US$1.291.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Harga Emas Hari Ini
Editor : Yusuf Waluyo Jati
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top