Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Realisasi MPMX Sepanjang 2018 Cukup Baik

PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk. mengaku berhasil mencatatkan kinerja yang cukup baik di sepanjang tahun lalu.
Dwi Nicken Tari
Dwi Nicken Tari - Bisnis.com 22 Januari 2019  |  07:21 WIB
Realisasi MPMX Sepanjang 2018 Cukup Baik
Mekanik mendemonstrasikan penggunaan produk Honda Injector & Part Cleaner saat peluncurannya di Mitra Pinasthika Mulia Part Centre, Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat (23/2/2018). - JIBI/Wahyu Darmawan
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk. mengaku berhasil mencatatkan kinerja yang cukup baik di sepanjang tahun lalu.

GM Corporate Communication Mitra Pinasthika Mustika Natalia Lusnita mengatakan, berdasarkan hasil segmen bisnis kendaraan roda dua yang dijalankan oleh MPMulia, penjualan secara year-to-date (ytd) pada periode Januari—September 2018 tercatat meningkat sebesar 5% dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

“Pendapatan [tercatat] sebesar Rp9,9 triliun atas penjualan sebanyak 661.567 unit,” katanya kepada Bisnis, Senin (21/1/2019).

Lebih lanjut, dia memaparkan bahwa segmen transportasi, yaitu bisnis penyewaan mobil yang dijalankan oleh MPMRent, berkontribusi ke dalam pendapatan perseroan sebesar Rp926,34 miliar. 

Sementara itu, anak perusahaan lainnya di segmen asuransi dan keuangan (MPMInsurance dan MPMFinance) juga ikut mencatatkan pertumbuhan positif ke dalam Gross Premium dan jumlah booking  amount baru.

Adapun penyelesaian divestasi strategis MPMX di bisnis pelumas, yaitu pelepasan PT Federal Karyatama kepada ExxonMobil terpantau menjadi salah satu faktor penopang kinerja perseroan pada 2018. 

Pertengahan tahun lalu, MPMX telah merampungkan proses divestasi 100% bisnis pelumas Federal kepada Esso Petroleum Company Limited dan ExxonMobil UK Limited dengan nilai transaksi keseluruhan mencapai US$436 juta.

“[Sementara itu], Anak usaha lainnya dalam segmen transportasi dan aftermarket diharapkan dapat memberikan performa yang lebih baik pada 2019,” imbuh Natalia.

Adapun, pangsa pasar bisnis roda dua yang dijalankan oleh anak usaha, MPMulia, pada tahun lalu tercatat kurang lebih 85%—90%. Natalia menegaskan, MPMulia akan terus mengeksekusi sejumlah strategi bisnis agar memiliki daya saing tinggi di industri perdagangan kendaraan bermotor baru dan komponen pendukung.

Sejauh ini, diler roda dua yang dioperasikan perseroan berjumlah 285 diler. Sementara untuk diler roda empat, MPMX melalui anak usahanya PT Mitra Pinasthika Mustika Auto (MPMAuto) telah resmi berhenti menjadi diler resmi PT Nissan Motor Distributor Indonesia (distributor penjual mobil merek Nissan dan Datsun).

Kendati tidak lagi memiliki diler kendaraan roda empat, pada akhir 2017 MPMX meluncurkan platform penjualan kendaraan, bidbox.id, yaitu perusahaan online multibrand car-dealership (beragam merek dan tipe mobil). 

Dengan platform tersebut, calon pembeli mobil baru dapat membeli mobil yang diinginkannya (dengan merek apa pun) secara cepat, aman, dan lebih mudah ketimbang membeli mobil secara konvensional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

PT.Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX)
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top