Bursa Saham Jepang Menguat Seiring Optimisme Ekonomi AS & Komentar The Fed

Bursa saham Jepang menguat pada perdagangan Senin (7/1/2019) setelah komentar dari Federal Reserve dan data tenaga kerja AS yang kuat memacu optimisme investor terhadap aset berisiko.
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 07 Januari 2019  |  15:51 WIB
Bursa Saham Jepang Menguat Seiring Optimisme Ekonomi AS & Komentar The Fed
Bursa saham Tokyo - Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa saham Jepang menguat pada perdagangan Senin (7/1/2019) setelah komentar dari Federal Reserve dan data tenaga kerja AS yang kuat memacu optimisme investor terhadap aset berisiko.

Indeks Topix ditutup menguat 2,81% atau 41,37 poin ke level 1.512,53, sedangkan indeks Nikkei 225 ditutup menguat 2,44% atau 477,01 poin ke level 20.038,97.

Produsen elektronik dan saham yang terkait otomotif memberikan kenaikan terbesar terhadap indeks Topix karena semua sub-sektor industri menguat.

Gubernur The Fed Jerome Powell pada Jumat mengatakan kepada American Economic Association bahwa The Fed tidak berada di jalur kenaikan suku bunga yang telah ditetapkan dan bahwa bank sentral AS akan peka terhadap risiko penurunan di dalam pasar.

Sementara itu, data Departemen Tenaga Kerja AS pada Jumat menunjukkan bahwa pengusaha meningkatkan jumlah tenaga kerja dengan jumlah tertinggi dalam 10 bulan terakhir, kenaikan upah meningkat, serta partisipasi angkatan kerja melonjak.

"Sangat mengejutkan bagaimana data tenaga kerja AS menunjukkan fundamental yang baik secara tak terduga," kata Shoji Hirakawa, kepala analis global di Tokai Tokyo Research Institute, seperti dikutip Bloomberg.

"Akan ada aksi buyback yang kuat dari mereka yang telah memperkirakan terjadinya resesi," lanjutnya.

Sementara itu di China, People's Bank of China memangkas cadangan yang diperlukan untuk bank setelah mengambil langkah lebih lanjut untuk mengamankan likuiditas menyusul ekonomi yang melambat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bursa jepang

Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top