5 Berita Market Populer, IHSG Memerah, United Tractors Kuasai Tambang Matarbe

Lima berita market terpopuler sore ini membahas penurunan IHSG sampai PT United Tractors Tbk. yang mengakuisisi operator tambang emas Matarbe.
Surya Rianto
Surya Rianto - Bisnis.com 05 Desember 2018  |  19:23 WIB
5 Berita Market Populer, IHSG Memerah, United Tractors Kuasai Tambang Matarbe
Karyawan beraktivitas di dekat papan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (21/11/2018). - JIBI/Felix Jody Kinarwan

IHSG Ditutup Turun 0,32%

Laju kenaikan IHSG selama dua hari berturut-turut berakhir setelah ditutup melemah pada perdagangan Rabu (5/12).

Tak hanya IHSG, bursa saham global juga terjungkal ke level terendahnya pada hari ini.

Penurunan bursa global terjadi seiring turunnya imbal hasil obligas AS tenor panjang.  Selain itu, kekhawatiran perang dagang kembali memicu keresahan pelaku pasar.  

Baca selengkapnya di link ini

Pungutan Ekspor Sawit Direvisi Lebih Fleksibel

Pemerintah merevisi aturan mengenai pungutan kelapa sawit melalui Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) menjadi lebih fleksibel menyesuaikan dengan kondisi pasar sawit.

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menerbitkan peraturan menteri keuangan (PMK) No 152/PMK.05/2018 tentang perubahan atas PMK No.82/PMK.05/2018 tentang tarif layanan badan layanan umum badan pengelola dana perkebunan kelapa sawit. Beleid tersebut memberikan dasar harga penerapan tarif ekspor hasil kelapa sawit dan turunannya.

Baca Selengkapnya di link ini

IHSG Tergelincir, Saham Ini Selamatkan Indeks Tetap Bertahan di 6.100

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mengakhiri pergerakannya di zona merah pada perdagangan hari ini, Rabu (5/12/2018), di tengah pelemahan bursa saham global.

IHSG berakhir turun 0,32% atau 19,74 poin di level 6.133,12, tergelincir dari level penutupan tertingginya sejak 24 April yang dibukukan pada perdagangan Selasa (4/12/2018) di level 6.152,86.

Pergerakan IHSG mulai tergelincir ke zona merah setelah dibuka dengan pelemahan 0,90% atau 55,22 poin di level 6.097,64. Meski berakhir terkoreksi, IHSG mampu mengikis sebagian pelemahannya pagi tadi dan mempertahankan posisinya di kisaran level 6.100.

Baca selengkapnya di sini

United Tractors Kuasai Tambang Emas Matarbe

PT United Tractors Tbk. (UNTR) resmi menguasai 95% saham PT Agincourt Resources (PTAR) yang mengoperasikan tambang emas Martabe di Sumatra Utara.

Perseroan melalui anak usahanya PT Danusa Tambang Nusantara telah menandatangani Shares Sales Agreement (SSA) untuk membeli 95% saham-saham di dalam PTAR. Transaksi ini akan berlaku efektif jika kondisi prasyarat dalam SSA telah terpenuhi.

“Perseroan memberitahukan pada 4 Desember 2018, seluruh kondisi prasyarat dalam SSA telah terpenuhi. Dengan demikian, UNTR melalui Danusa telah efektif memiliki 95% saham PTAR sejak tanggal tersebut,” papar Corporate Secretary United Tractors Sara K. Loebis dalam keterbukaan informasi, Selasa (4/12/2018).

Selengkapnya bisa klik di link ini

Adaro Energy Perluas Ekspor Thermal Coal

Adaro Energy (ADRO) akan memperbesar porsi ekspor thermal coal pada 2019 antara lain ke Vietnam dan negara berkembang lainnya di Asia Tenggara.

Langkah ini dilakukan oleh Adaro untuk mengantisipasi melambatnya pertumbuhan ekonomi global serta adanya potensi ketegangan lanjutan antara Amerika Serikat dan China kendati telah menyepakati gencatan senjata.

Selengkapnya bisa klik link ini

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
IHSG, cpo, united tractors, adaro

Editor : Surya Rianto

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top