Astra Otoparts (AUTO) Bentuk JV dengan Toyoda Gosei

Emiten produsen komponen kendaraan PT Astra Otoparts Tbk. menggandeng perusahaan yang bergerak di bidang serupa asal Jepang, Toyoda Gosei Co. Ltd. untuk membentuk usaha patungan (joint venture/JV) yaitu PT Toyoda Gosei Indonesia.
Dara Aziliya | 26 November 2018 15:43 WIB
Sales Division Head PT Astra Otoparts Tbk. Selvi Xu (dai kiri) berbincang dengan Kepala Seksi Kerjasama Industri Direktorat PSMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Yuliati Sri Nurhidyati, dan Ketua Penanggung Jawab Program Aspira SMK Sales Awards 2018 Dedy Budiman di sela-sela pengumuman pemenang, di Jakarta, Kamis (19/4/2018). - JIBI/Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten produsen komponen kendaraan PT Astra Otoparts Tbk. menggandeng perusahaan yang bergerak di bidang serupa asal Jepang, Toyoda Gosei Co. Ltd. untuk membentuk usaha patungan (joint venture/JV) yaitu PT Toyoda Gosei Indonesia.

Berdasarkan keterbukaan informasi yang dipublikasikan perseroan, emiten dengan sandi AUTO tersebut dan Toyoda Gosei telah menandatangani akta pendirian perseroan terbatas pada Kamis pekan lalu, 22 November 2018.

“Investasi perseroan pada pendirian Toyoda Gosei ndonesia ini adalah Rp64,32 miliar,” ungkap Direktur Astra Otoparts, Wanny Wijaya melalui keterbukaan, Senin (26/11).

Nilai transaksi tersebut merupakan kurang dari 20% dari ekuitas emiten. Pendirian Toyoda Gosei Indonesia tidak menimbulkan dampak material terhadap kegiatan operasional, hukum, kondisi keuangan, atau kelangsungan usaha emiten.

Tujuan dari pendirian usaha patungan tersebut yaitu untuk kepentingan perluasan usaha dan pemenuhan pelayanan kebutuhan produk komponen otomotif roda empat. Adapun, perusahaan tersebut akan berkedudukan di Karawang, Jawa Barat.

Berdasarkan laporan keuangan perseroan, entitas anak Grup Astra tersebut membukukan pendapatan sebesar Rp11,5 triliun, meningkat 15,29% dibandingkan dengan periode sama tahun lalu (yoy) yang tercatat sebesar Rp9,97 triliun. Hingga kuartal III/2018, AUTO membukukan laba bersih sebesar Rp414,16 miliar, meningkat 11,8% secara yoy.

Tag : astra otoparts, kinerja emiten
Editor : Ana Noviani

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top