Profindo Sekuritas: IHSG Bakal Menguat, Cermati Saham Pilihan Hari Ini

Profindo Sekuritas memperkirakan indeks harga saham gabungan pada Kamis (22/11) akan bergerak menguat dengan rentang pergerakan 5921- 6026.
Fajar Sidik | 22 November 2018 08:32 WIB
Karyawan mengamati pergerakan harga saham di Profindo Sekuritas Indonesia, Jakarta, Jumat (9/11/2018). - JIBI/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - Profindo Sekuritas memperkirakan indeks harga saham gabungan pada Kamis (22/11) akan bergerak menguat dengan rentang pergerakan 5921- 6026.

Wall Street pada perdagangan Rabu waktu setempat berhasil ditutup menguat setelah sebelumnya terjadi aksi jual selama dua hari berturut-turut. Penguatan wall street didorong saham energi  seiring harga minyak yang stabil usai sempat melemah. Selain itu, kenaikan indeks juga ditopang kenaikan saham sektor teknologi. Meskipun demikian, kenaikan tersebut tertahan akibat masih melemahnya saham Apple. Dow Jones 0.00%, S&P500 +0.30%, Nasdaq +0.92%

Bursa Eropa rebound dan mencoba bangkit dari penurunan tajam yang dibukukan sehari sebelumnya. Bursa AS yang berhasil ditutup menguat menjadi sentiment positif mendorong kenaikan di bursa Eropa. Sementara itu, investor juga memantau perkembangan Brexit. Adapun, Uni Eropa (UE) akan mengadakan pertemuan untuk membahas rancangan kesepakatan Brexit hari Minggu mendatang. Dax +1.61%, CAC 40 +1.03%, FTSE 100 +1.47%, dan Stoxx 600 +1.14%.

Harga minyak mentah ditutup menguat usai menyentuh level terendah dalam beberapa bulan. Kenaikan harga minyak didorong oleh data pemerintah Amerika Serikat menunjukkan bahwa permintaan untuk bahan bakar masih kuat, meskipun kekhawatiran mengenai meningkatnya pasokan minyak mentah masih membayangi. Dirilisnya laporan API bahwa stok minyak mentah turun sebesar 1.54 juta barel juga menjadi sentiment positif terhadap kenaikan harga minyak.

IHSG pada perdagangan Rabu waktu setempat ditutup melemah dipengaruhi sentiment negative penurunan di bursa global terkait kekhawatiran mengenai perlambatan ekonomi global. Adapun, sektor yang memimpin pelemahan adalah sektor pertambangan dan sektor perkebunan.

Asing mencatatkan net sell sebesar Rp 587 miliar dengan saham BMRI dan BBNI menjadi net top seller, sedangkan saham ICBP dan HMSP menjadi net top buyer. Reboundnya bursa global menjadi sentiment positif mendorong kenaikan IHSG hari ini. Sehingga diperkirakan Indeks pada hari ini bergerak menguat dengan range pergerakan 5921- 6026.

Saham yang diperhatikan adalah BRPT (buy), MCAS (SoS), INDF (buy), TLKM (buy), BMRI (SoS), dan GGRM (SoS).

 

Tag : rekomendasi saham
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top