Keresahan Politik Italia Mereda, Bursa Eropa Menguat

Bursa saham Eropa berhasil menguat pada perdagangan Kamis (27/9/2018), saat keresahan tentang stabilitas politik di Italia tampak mereda hanya beberapa jam sebelum pertemuan kabinet untuk menetapkan target anggaran.
Renat Sofie Andriani | 28 September 2018 05:49 WIB
Bursa Eropa - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa saham Eropa berhasil menguat pada perdagangan Kamis (27/9/2018), saat keresahan tentang stabilitas politik di Italia tampak mereda hanya beberapa jam sebelum pertemuan kabinet untuk menetapkan target anggaran.

Bursa saham Italia lolos dari level terendahnya meskipun bertahan di wilayah negatif, dengan berakhir turun 0,6%. Adapun indeks saham Stoxx 600 menguat 0,4% ke level tertinggi dalam satu bulan setelah sempat turun.

Laporan sebuah surat kabar bahwa pertemuan kabinet Italia mengenai tujuan anggaran 2019 akan didorong kembali beberapa hari menimbulkan kekhawatiran bahwa Menteri Ekonomi Giovanni Tria dapat mengundurkan diri serta berisiko menempatkan Italia pada jalur tabrakan dengan Uni Eropa.

Kantor perdana menteri kemudian membantah laporan itu dan pertemuan itu akhirnya ditetapkan untuk digelar, sehingga mengurangi kekhawatiran awal. Pelelangan obligasi pemerintah Italia juga memberi dukungan.

“Jika hasil lelang obligasi Italia pagi ini adalah sesuatu yang harus dilalui, maka pasar yakin krisis dapat dihindari,” kata Direktur Riset Capital Index, Kathleen Brooks, seperti dilansir dari Reuters.

Indeks perbankan Italia berakhir turun 1,3%. Bank-bank Italia sangat sensitif terhadap risiko politik karena kepemilikan obligasi negara mereka yang besar, sedangkan bank-bank di zona euro turun 0,3%.

Meski ketegangan tampak sedikit mereda, investor tetap berhati-hati tentang prospek anggota zona euro.

Menurut Analis Societe Generale, mengingat jumlah perbedaan pendapat antara kedua pihak, tampaknya sangat mungkin bahwa koalisi dapat runtuh pada saat pemungutan suara untuk anggaran atau setelahnya, karena perselisihan dapat meningkat setelah perincian rencana anggaran terpapar.

Proyeksi laba bank-bank zona euro telah direvisi turun secara konsisten selama beberapa bulan terakhir ketika risiko politik meningkat.

Turut mendukung penguatan bursa, saham peritel fesyen asal Swedia H&M melonjak 11,1% setelah meyakinkan para investor bahwa perusahaan tidak akan perlu memangkas biaya lebih lanjut untuk mengalihkan pakaian yang tidak terjual.

Di sisi lain, saham produsen chip AMS turun 6,4% setelah analis UBS memangkas target harga mereka untuk saham itu.

"Mengingat kurangnya visibilitas tentang bagaimana penginderaan 3D akan diadopsi pada 2019 di jagad Android, pemposisian kompetitif AMS dan tekanan marjin bruto yang dihadapi perusahaan membawa kita untuk tetap dengan peringkat netral,” tulis mereka.

Tag : bursa eropa
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top