Melesat 863%, Saham Transcoal Pacific (TCPI) Dipantau BEI

PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menyoroti pergerakan harga saham PT Transcoal Pacific Tbk. (TCPI) yang dinilai bergerak secara tidak wajar alias unusual market activity (UMA).
Tegar Arief | 18 Juli 2018 14:07 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menyoroti pergerakan harga saham PT Transcoal Pacific Tbk. (TCPI) yang dinilai bergerak secara tidak wajar alias unusual market activity (UMA).

Pada hari ini, pergerakan saham emiten tersebut memang mengalami pelonjakan cukup drastis, yakni mencapai 22,02% ke level Rp1.330 pada pukul 13.23 WIB. Sejak IPO pada 6 Juli 2018, TCPI telah meroket 863,77% dari harga IPO Rp138 per saham.

"Bursa sedang mencermati perkembangan pola transaksi saham ini," tulis Kepala Divisi Pengawasan Transaksi BEI Lidia M. Panjaitan dalam keterbukaan informasi, Rabu (18/7/2018).

Para investor diharapkan untuk memperhatikan jawaban perusahaan tercatat atas permintaan konfirmasi bursa. Investor juga diminta untuk mencermati kinerja perusahaan tercatat dan keterbukaan informasi.

Bursa juga mengimbau agar investor mengkaji kembali rencana aksi korporasi apabila rencana tersebut belum mendapatkan persetujuan dalam RUPS, dan mempertimbangkan berbagai kemungkinan yang dapat timbul di kemudian hari sebelum melakukan pengambilan keputusan investasi.

"Pengumuman UMA [unusual market activity] ini tidak serta merta menunjukkan adanya pelanggaran terhadap peraturan perundang-undangan di bidang pasar modal," ujarnya.

Tag : saham
Editor : Ana Noviani

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top