Profindo Sekuritas Indonesia: Berikut Saham Layak Koleksi Hari Ini

Profindo Sekuritas Indonesia hari ini memperkirakan bergerak menguat dengan range pergerakan 5.842-6.024.
Mia Chitra Dinisari | 16 Juli 2018 09:25 WIB
Mahasiswa berjalan di dekat monitor pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (3/4/2018). - JIBI/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - Profindo Sekuritas Indonesia hari ini memperkirakan bergerak menguat dengan range pergerakan 5.842-6.024.

Analis Yuliana mengatakan adanya rilis data neraca perdagangan pada hari ini turut akan mempengaruhi pergerakan Indeks.

Saham yang diperhatikan adalah BBNI (buy), KRAS (buy), JPFA (SoS), BRPT (buy), LEAD (buy), ASII (Acc buy).

IHSG pada perdagangan Jumat kemarin ditutup menguat didorong terutama menguatnya saham sektor aneka industri dan keuangan. Asing mencatatkan net buy sebesar Rp 460 miliar dengan saham BBCA dan TLKM menjadi net top buyer sedangkan saham CPIN dan UNTR menjadi net top seller.

Secara teknikal, Indeks membentuk pola uptrend channel. Selain itu, Indeks juga ditutup di atas garis MA5.

Adapun Wall Street berakhir menguat tipis pada perdagangan Jumat lalu disebabkan adanya rilis kinerja keuangan di sektor keuangan pada kuartal II-2018 yang mengecewakan yang diperkirakan karena adanya pinjaman melambat dan biaya naik. Namun, Indeks mampu ditutup di zona positif didorong menguatnya saham sektor industri yang ditopang naiknya saham Boeing. Disamping itu juga, investor tetap fokus mencermati pembicaraan sektor perdagangan antara Amerika Serikat (AS) dan China. Adapun, Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin menuturkan, AS dan China dapat membuka kembali pembicaraan perdagangan jika China bersedia melakukan perubahan signifikan. Dow Jones +0.38%, Nasdaq +0.03%, dan S&P 500 +0.11%.

Bursa Eropa juga berakhir menguat dikarenakan investor sedang mencerna berbagai laporan keuangan perusahaan-perusahaan Amerika Serikat (AS) yang mulai diumumkan. Selain itu, meredanya perang dagang turut mendorong bursa eropa ditutup di zona hijau. FTSE 100 +0.14%, Stoxx600 +0.17%, CAC 40 +0.43% dan Dax +0.38%.

Harga minyak mentah dunia ditutup menguat setelah terjadi aksi mogok di Norwegia dan Irak sehingga menekan suplai. Hal ini disebabkan ratusan pekerja tambang minyak dan gas lepas pantai Norwegia menolak usulan kesepakatan upah, dan menutup lapangan migas Shell, Knarr yang memproduksi 23.900 barel per hari. Sementara itu, Di Irak, 100 pekerja mogok menuntut lapangan kerja dan pelayanan dengan menutup akses pelabuhan komoditas Umm Qasr.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
IHSG

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top