Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

ASII Minati Ruas Tol Waskita Karya

Anak usaha PT Astra International Tbk. berminat untuk mengakuisisi sebagian saham ruas jalan tol yang akan dilelang oleh BUMN konstruksi PT Waskita Karya (Persero) Tbk.
Ana Noviani
Ana Noviani - Bisnis.com 09 Agustus 2017  |  21:58 WIB
ASII Minati Ruas Tol Waskita Karya
Presiden Direktur PT Astratel Nusantara (Astra Infra) Irawan Santoso (dari kanan) berbincang dengan Direktur In Charge PT Astra International Tbk. Bambang Widjanarko Santoso, Presiden Direktur PT Surya Semesta Internusa Tbk. Johannes Suriadjaja dan Direktur Utama PT Nusa Raya Cipta Tbk. Hadi Winarto Christanto sebelum jumpa pers di Jakarta, Senin (8/5). - JIBI/Abdullah Azzam
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Anak usaha PT Astra International Tbk. berminat untuk mengakuisisi sebagian saham ruas jalan tol yang akan dilelang oleh BUMN konstruksi PT Waskita Karya (Persero) Tbk.

Direktur Astra International Paulus Bambang Widjanarko menuturkan anak usaha perseroan, PT Astratel Nusantara masih fokus untuk merampungkan tiga ruas jalan tol yang masuk tahap pembangunan. Tiga proyek tersebut, yakni tol Kunciran-Serpong, Serpong-Balaraja, dan Semarang-Solo. Adapun ruas tol Mojokerto-Kertosono seksi 1, 2, 3, sudah selesai dan menunggu peresmian oleh pemerintah.

Selain itu, perseroan terbuka untuk mengambil peluang akuisisi ruas jalan tol yang dilelang oleh kontraktor jalan tol, baik BUMN maupun swasta.

"Begitu ada offer kita lihat. Ada Waskita dan yang lain kita lagi lihat-lihat," kata Paulus di Gedung Bursa Efek Indonesia, Selasa (9/8).

Menurutnya, perseroan telah terbiasa untuk membentuk joint venture dengan mitra lokal maupun asing untuk menggarap proyek jalan tol. Salah satunya, ruas tol Semarang-Solo dengan PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

Sepanjang tahun ini, perseroan menyiapkan Rp2,6 triliun untuk menggarap proyek jalan tol. Sepanjang paruh pertama tahun ini, sekitar 50% dana telah terserap.

Selain proyek jalan tol, ASII juga menyatakan ketertarikan untuk masuk ke proyek Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat. Pasalnya, proyek tersebut dinilai strategis untuk akses ekspor produk-produk otomotif Astra.

"Itu port yang jelas menarik kalau kita ditawari. Pabrik kita semua di situ kan. Untuk ekpsor sangat strategis," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

astra
Editor : Maftuh Ihsan
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top