Reliance Sekuritas: IHSG Jumat (19/5) Menguat Terbatas, Ini Rekomendasi Sahamnya

IHSG pada Jumat (19/5) diperkirakan akan cenderung menguat tertahan di akhir pekan dengan rentang pergerakan 5.610--5.720.
Fajar Sidik | 18 Mei 2017 17:49 WIB
Pelajar mengunjungi gedung Bursa Efek Indonesia di Jakarta, Jumat (5/5). - JIBI/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - IHSG pada Jumat (19/5) diperkirakan akan cenderung menguat tertahan di akhir pekan dengan rentang pergerakan 5.610--5.720.

Mengutip riset Reliance Sekuritas Indonesia, Bursa Asia mayoritas tertekan dengan dibuka gap down pada perdagangan hari ini. MSCI Asia Pacific Index turun 0,8% terbesar sejak 6 April. Topix Jepang merosot 1,3%. Indeks Hang Seng China Enterprises turun 1,1%.

Dolar AS menguat setelah mengalami pelemahan pasca keterpuruknya terburuk 8 bulan terakhir di saham di AS kemarin. Indeks harga rumah di tiongkok melambat 10.7% dari 11.3% diperiode sebelumnya menjadi salah satu trigger pelemahan.

Sedangkan IHSG seakan melawan arus dengan ditutup naik 29.96 poin sebesar 0.53% dilevel 5645.45 seiring reboundnnya saham-saham sektor aneka industri yang sebelumnya terhempas oleh perlambatan penjualan kendaraan dalam negeri.

Indeks sektor keuangan pun menyusul naik 1% pasca data pertumbuhan pinjaman dalam negeri meningkat dan berkontraksi terhadap ekspektasi sebesar 9.2% dari 8.6% dengan ekspektasi turun di level 8.1%.

Pertumbuhan kredit cukup baik seiring tingkat suku bunga yang terus dipertahankan dibawah 5% disaat Fed Rate mulai berangsur-angsur naik. Investor asing pada perdagangan hari ini terlihat kembali melakukan aksi beli dengan net buy 393.74 miliar rupiah setelah 2 hari sebelumnya tercatat net sell.

Bursa Eropa dibuka lebih rendah dengan pelemahan yang cukup signifikan sejak awal sesi perdagangan. Kembalinya penguatan AS dan Greenback berhasil meningkatkan permintaan akan aset haven. Sehingga menjadi alasan investor untuk profit taking menjelang akhir pekan di Eropa.

Pertumbuhan ekonomi yang stagnan menjadi trigger negatif bursa Eropa disaat nilai ekuitas dinilai cukup tinggi sejak pekan lalu. Sentimen selenjutnya diakhir pekan yang akan menjadi fokus diantaranya FDI tiongkok, Indeks harga produksi di German, Neraca pembayaran dan Tingkat kepercayaan konsumen di zona Eropa.

Secara teknikal IHSG terkonfirmasi rebound pada support MA50 seperti pada analisa sebelumnya yang akan menguji MA50 sebagai support selanjutnya. Signal rebound terlihat dan pergerakan IHSG berbalik positif jangka pendek dengan Stochastic yang golden-cross pada area oversold meskipun masih cenderung tertahan melihat belum rendahnya momentum IHSG pada indikator RSI.

Sehingga diperkirakan IHSG akan bergerak cenderung menguat tertahan diakhir pekan dengan range pergerakan 5610-5720.

Adapaun saham-saham yang dapat dicermati diantaranya AKRA, BBCA, BBNI, HRUM, ITMG, MAPI, PGAS, SSIA.

Tag : IHSG
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top