ADRO Pasok Batu Bara ke PLTU Milik EGAT selama 25 Tahun

PT Adaro Energy Tbk. (ADRO) bakal memasok batu bara untuk kebutuhan pembangkit listrik tenaga uap batu bara milik EGAT International Company Limited selama 25 tahun.
Lukas Hendra TM
Lukas Hendra TM - Bisnis.com 26 April 2017  |  17:02 WIB
ADRO Pasok Batu Bara ke PLTU Milik EGAT selama 25 Tahun
Padahal kewajiban terhadap Tuhan, setara dengan menjaga lingkungan. - Adaro.com

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Adaro Energy Tbk. (ADRO) bakal memasok batu bara untuk kebutuhan pembangkit listrik tenaga uap batu bara milik EGAT International Company Limited selama 25 tahun.

Presiden Direktur ADRO Garibaldi Thohir mengatakan EGAT tengah mencari pasokan batu bara untuk mensuplai kebutuhan mereka selama pukuhan tahun. Sayangnya, dia tidak mengungkapkan berapa jumlah pasokan yang akan dikirim perseroan ke EGAT.

"Akhirnya mereka memutuskan Adaro Energy mitra terbaik mereka. Ke depan mereka akan kembangkan PLTU batu bara, karena pembangkit listrik mereka selama ini kan pakai gas," katanya usai rapat umum pemegang saham tahunan, Rabu (26/4/2017).

Padahal, lanjutnya, pasokan gas di Thailand tidak sustainable sehingga EGAT juga masuk ke batu bara selain karena harga yang lebih murah. Garibaldi mengatakan saat ini EGAT tengah membangun PLTU batu bara dengan kapasitas besar di selatan Thailand.

"Nah, Adaro dipilih untuk bisa partner pasok pltu itu 20-25 tahun ke depan. Kita pikir kenapa tidak," katanya.

Di sisi lain, dia mengungkapkan jika kerja sama tersebut merupakn win-win solusion karena EGAT menyerap right issue yang dikeluarkan ADRO sehingga membuat keuangan perseroan menjadi lebih kuat.

"Yang lebih menarik lagi, selain kita terima uang dari EGAT, mereka ingin mendapatkan security suplai. Ini partnership yang win-win di kedua belah pihak," ujarnya.

Garibaldi menambahkan beberapa pekan lalu sejumlah manajemen perseroan juga telah berkunjung ke EGAT untuk belajar dari mereka dari sisi industri pembangkit listrik. Pasalnya, EGAT telah memulai terlebih dahulu untuk industri tersebut.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
adaro

Editor : Maftuh Ihsan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top