Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BURSA AS: Geopolitik Masih Panas, Wall Street Ditutup Melemah

Indeks Dow Jones Industrial Average ditutup melemah 6,72 poin atau 0,03% ke level 20.651,3, sedangkan indeks Standard & Poors 500 kehilangan 3,38 poin atau 0,14% ke posisi 2.353,78 dan Nasdaq Composite turun 14,15% atau 0,24% ke 5.866,77.
Bursa AS melemah./.Reuters-Carlo Allegri
Bursa AS melemah./.Reuters-Carlo Allegri

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa saham Amerika Serikat ditutup melemah pada perdagangan Selasa (11/7/2017) atau Rabu pagi WIB menyusul kekhawatiran geopolitik di tengah mulainya musim laporan kinerja emiten di AS.

Indeks Dow Jones Industrial Average ditutup melemah 6,72 poin atau 0,03% ke level 20.651,3, sedangkan indeks Standard & Poor’s 500 kehilangan 3,38 poin atau 0,14% ke posisi 2.353,78 dan Nasdaq Composite turun 14,15% atau 0,24% ke 5.866,77.

Kekhawatiran atas meningkatnya ketegangan antara Amerika Serikat dan Rusia, Suriah dan Korea Utara membuat investor mencari aset save haven seperti emas dan obligasi.

Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson membawa pesan dari kekuatan dunia ke Moskow pada Selasa dan mengecam dukungan Rusia untuk Suriah.

Turut menambah ketegangan geopolitik, media pemerintah Korea Utara memperingatkan serangan nuklir terhadap AS jika diprovokasi setelah Angkatan Laut AS bergerak menuju Pasifik Barat.

"Risiko geopolitik adalah titik fokus saat ini," kata Quincy Krosby, analis pasar di Prudential Financial, seperti dikutip Reuters.

"Tapi, musim laporan kinerja sedang berlangsung, dan ini akan menjadi fokus penting," lanjutnya.

Investor berfokus pada musim laporan kinerja emiten yang kuat untuk menjustifikasi valuasi yang sudah  tinggi. Analis memperkirakan pendapatan untuk seluruh emiten indeks S&P 500 meningkat 10% pada kuartal pertama dari tahun lalu, menurut data Thomson Reuters.

Laporan kinerja dimulai pekan ini dengan laporan keuangan dari beberapa bank. Sektor finansial ditutup turun 0,3%.

Sementara itu, bursa saham Eropa ditutup melemah tipis di tengah reli sektor real estate dan properti yang mengimbangi melemahnya sektor finansial dan teknologi.

Indeks Stoxx Europe 600 ditutup melemah 0,02% atau 0,07 poin ke level 381,18 setelah diperdagangkan pada kisaran 379,31 – 382,52.

Sektor perbankan melemah ke level terendah satu bulan terakhir, sementara saham Dialog Semiconductor Plc mendorong sektor teknologi ke level penurunan terburuk dalam indeks setelah Bankhaus Lampe memperingatkan bahwa Apple Inc dapat mengurangi penggunaan chip dari perusahaan tersebut.

Sektor real estate naik ke level tertinggi sejak Juni, sedangkan sektor perbankan ditutup pada level terendah dalam lebih dari satu bulan terakhir.

“Seluruh mata tertuju pada laporan kinerja emiten perbankan AS karena mereka akan memberikan beberapa kejelasan terhadap sentimen umum pada industri,” kata Andrea Tueni dari Saxo Bank, seperti dikutip Bloomberg.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper