Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Multi Ocean Shipyard Dapat Suntik Modal Rp420 Miliar

Emiten pelayaran dan galangan kapal, PT Soechi Lines Tbk. menambah modal anak usahanya yang bergerak di bisnis galangan, PT Multi Ocean Shipyard (MOS).
Bursa Efek Indonesia/Reuters-Iqro Rinaldi
Bursa Efek Indonesia/Reuters-Iqro Rinaldi

Bisnis.com, JAKARTA -- Emiten pelayaran dan galangan kapal, PT Soechi Lines Tbk. menambah modal anak usahanya yang bergerak di bisnis galangan, PT Multi Ocean Shipyard (MOS).

Paula Marlina, Direktur Keuangan Soechi Lines, mengatakan perseroan menambah modal disetor ke MOS sebanyak Rp420 miliar. "MOS merupakan anak usaha yang dimiliki langsung oleh perseroan dengan kepemilikan 99,99%," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (5/1/2017).

Tambahan modal disetor ini membuat modal MOS semakin gemuk dengan total modal disetor mencapai Rp840 miiar atau naik dua kali lipat. Jumlah saham MOS juga bertambah dari 420.000 lembar menjadi 840.000 lembar.

MOS bermarkas di Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau. MOS memiliki area seluas 219 hektare dengan panjang garis pantai yang dikelola mencapai 1,3 km. Galangan MOS mampu membangun kapal hingga kelas medium atau setara bobot 17.500 DWT.

Sebelumnya, Paula menyebut tahun ini SOCI bakal fokus mengerjakan delapan pesanan kapal senilai US$110 juta. Per September 2016, pendapatan dari galangan kapal yang sudah diakui mencapai US$17,08 juta.

Dari delapan kapal yang tengah dikerjakan, dua di antaranya bakal diserahkan kepada pemesan tahun ini. Salah satu kapal yang bakal selesai tahun ini menurut Paula merupakan kapal pesanan Pertamina.  SOCI telah mendapat kontrak pembangunan tiga kapal berbobot 17.500 DWT dari Pertamina pada tahun lalu.

Menurut Paula, permintaan pembuatan kapal sebetulnya tidak berhenti mengalir. Namun, perseroan perlu menyesuaikan pesanan dengan kapasitas galangan, termasuk di antaranya sumber daya manusia dan quality control.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rivki Maulana
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper