Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PASAR MODAL: Porsi Investor Domestik Geser Asing

Investor domestik mulai agresif untuk melakukan aksi beli ketika investor asing menggelar aksi jual.

Bisnis.com, JAKARTA--Investor domestik mulai agresif untuk melakukan aksi beli ketika investor asing menggelar aksi jual.

Direktur Utama PT Trimegah Securities Tbk. Stephanus Turangan mengungkapkan investor domestik saat ini tengah memperbesar porsi di pasar modal. Dia menilai aksi beli oleh investor domestik cukup kuat.

"Aksi beli dari investor domestik itu menjadi tanda bahwa tingkat kepercayaan terhadap pasar modal sudah cukup kuat. Kini tinggal memperbanyak jumlah investor domestik baru dan membuat pasar modal semakin menarik," ungkapnya di Gedung Bursa Efek Indonesia, Selasa (22/11/2016).

Turangan menilai investor pasar modal investor domestik sudah jauh lebih pintar. Dia membeberkan investor domestik biasanya melakukan aksi beli saat pasar lagi turun.

Adapun kinerja indeks harga saham gabungan (IHSG) pada penutupan perdagangan Selasa (22/11), meningkat 56,35 poin atau 1,09% menuju level 5.204,67. Adapun frekuensi transaksi harian mencapai 262.039 transaksi.

Adapun net buy oleh investor asing mencapai Rp1,85 triliun dan net sell investor asing mencapai Rp2,58 triliun. Sementara itu, net buy oleh investor domestik mencapai Rp5,01 triliun dan net sell investor domestik mencapai Rp4,27 triliun.

Dia mengungkapkan aktivitas investor di pasar modal masih akan bergerak fluktuatif hingga presiden terpilih Amerika Serikat Donald J. Trump dilantik pada tahun depan. Menurutnya, kinerja IHSG yang fluktuatif akan kembali membaik, sebab fundamental domestik masih tetap kuat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper