Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RUPIAH ATAS DOLAR AS 14 NOVEMBER: Ini Sentimen Penggerak Kurs

Samuel Sekuritas Indonesia memprediksi pelemahan terhadap rupiah bertahan dalam jangka pendek atau hingga pertemuan the Fed pada Desember 2016.
Rupiah./JIBI-Rachman
Rupiah./JIBI-Rachman

Bisnis.com, JAKARTA— Samuel Sekuritas Indonesia memprediksi pelemahan terhadap rupiah bertahan dalam jangka pendek atau hingga pertemuan the Fed pada Desember 2016.

Ekonom Samuel Sekuritas Rangga Cipta mengatakan ketidakpastian global meningkat ketika pertumbuhan PDB Indonesia diumumkan melambat. Menurutnya, hal itu sudah cukup untuk memicu pelemahan rupiah dan IHSG yang tertular oleh pelemahan tajam harga SUN yang hampir 40% kepemilikannya dikuasai oleh investor asing.

Adapun, tekanan pelemahan terhadap rupiah berpeluang bertahan dalam jangka pendek paling tidak hingga FOMC meeting di Desember 2016 walaupun ruang pelemahan bisa terbantu kehadiran BI di pasar valas dan SUN yang saat ini dibekali oleh US$115,7 miliar cadangan devisa.

“Dalam jangka menengah kami melihat membaiknya indikator fundamental seperti defisit neraca transaksi berjalan, inflasi serta prospek perbaikan defisit fiskal akan menjaga tren penguatan rupiah,” katanya dalam riset.

Sementara itu, fokus akan perlahan beralih ke data perdagangan Indonesia yang datang Selasa siang serta BI RR rate yang datang Kamis, di mana diperkirakan tidak berubah.

Pada sisi lain, Trump yang memenangi pemilu AS berencana menggunakan kebijakan fiskal untuk mendorong ekonomi sehingga memicu spekulasi pelembaran defisit anggaran AS. Imbal hasil US Treasury naik tajam walaupun S&P 500 merespon positif kebijakan Trump tersebut.

Ketidakpastian lain terlihat mereda; pound sterling dan saham Deutsche Bank menguat tajam. Harga minyak masih melemah merespon semakin menjauhnya kata sepakat untuk memangkas produksi OPEC. Pagi ini ditunggu penjualan ritel serta produksi industri Tiongkok yang diperkirakan melambat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Riendy Astria
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper