Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Di Asia, Imbal Hasil Obligasi Indonesia Turun Paling Tajam Sepanjang Tahun Ini

Sepanjang tahun berjalan, imbal hasil (yield) obligasi pemerintah Indonesia turun paling tinggi di antara negara-negara Asia lainnya.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA—  Sepanjang tahun berjalan, imbal hasil (yield) obligasi pemerintah Indonesia turun paling tinggi di antara negara-negara Asia lainnya.

Berdasarkan data Asia Bond Online, yield obligasi pemerintah Indonesia tenor 10 tahun telah turun 197,1 basis poin ke level 6,77% sejak awal tahun hingga penutupan perdagangan pada 11 Agustus 2016.

Penurunan tersebut merupakan yang paling tinggi dibandingkan dengan penurunan yield obligasi tenor 10 tahun berdenominasi lokal yang diterbitkan oleh pemerintah sejumlah negara di Asia, bahkan Amerika Serikat. Sepanjang tahun berjalan, yield obligasi pemerintah AS turun 71,0 bps ke level 1,55%.

Di Asia Tenggara, penurunan yield obligasi yang cukup drastis juga dialami oleh obligasi Filipina yang turun 87,7 bps menjadi 3,22%, obligasi Singapura -80,7 bps menjadi 1,79%, Malaysia -57,7 bps menjadi 3,60%, Thailand -45,9 bps menjadi 2,04%, dan Vietnam -16,3 bps menjadi 7,01%.

Di kawasan Asia lainnya, imbal hasil obligasi pemerintah Jepang terkoreksi 36,0 bps menjadi -0,09%, Hong Kong -64,0 bps menjadi 0,93%, Korea Selatan -68,5 bps menjadi 1,40%, dan China turun 15,6 bps menjadi 2,70%.

Besarnya penurunan yield obligasi Indonesia membuat imbaal hasil obligasi Indonesia saat ini berada di urutan ke-2 setelah Vietnam. Sebelumnya, yield obligasi Indonesia sempat berada di posisi atas. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Riendy Astria
Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper