Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MNC SECURITIES: Didorong Data Neraca Pembayaran, Harga SUN Berpeluang Naik Hari Ini

PT MNC Securities memprediksi harga surat utang negara (SUN) pada perdagangan Senin (15/8/2016) berpeluang untuk mengalami kenaikan didukung oleh data Neraca Pembayaran Indonesia kuartal II 2016 yang mengalami surplus.
Ilustrasi./.
Ilustrasi./.

Bisnis.com, JAKARTA— PT MNC Securities memprediksi harga surat utang negara (SUN) pada perdagangan Senin (15/8/2016) berpeluang untuk mengalami  kenaikan didukung oleh data Neraca Pembayaran Indonesia kuartal II 2016 yang mengalami surplus.

Data Neraca Pembayaran Indonesia pada kuartal II 2016 yang disampaikan oleh Bank Indonesia pada Jumat lalu mengalami suprlus sebesar US$2,2 miliar setelah pada kuartal I 2016 mengalami defisit sebesar US$0,3 miliar. Surplus tersebut didukung oleh menurunnya defisit transaksi berjalan dan meningkatnya surplus transaksi modal dan finansial. Sedangkan defisit transaksi berjalan (Current Account Deficit) yang mengalami penurunan didukung oleh kenaikan surplus neraca perdagangan nonmigas.

Bank Indonesia menyebutkan bahwa defisit transaksi berjalan menurun dari US$4,8 miliar (2,2% PDB) pada kuartal I 2016 menjadi US$4,7 miliar (2,0% PDB) pada kuartal II 2016. Adapun surplus transaksi modal dan finansial yang juga meningkat,  didukung oleh persepsi positif investor terhadap prospek perekonomian domestik dan meredanya ketidakpastian di pasar keuangan global. Surplus transaksi modal dan finansial pada kuartal II 2016 mencapai US$7,4 miliar, lebih besar dibandingkan dengan surplus pada kuartal sebelumnya sebesar US$4,6 miliar.

“Kami melihat membaiknya data tersebut akan menjadi katalis positif bagi perdagangan SUN pada hari ini,” katanya dalam riset, Senin (15/8/2016).

Adapun secara teknial, harga SUN masih berada pada area konsolidasi, menyebabkan harganya dalam jangka pendek akan cenderung bergerak terbatas dengan arah perubahan yang masih mendatar (sideways).

Dengan kondisi tersebut, investor disarankan untuk tetap mencermati arah pergerakan harga SUN di pasar sekunder. Rencana lelang penjualan SUN senilai Rp12 triliun yang akan dilakukan oleh pemerintah pada hari Selasa, 16 Agustus 2016 akan turut menahan kenaikan harga SUN pada perdagangan hari ini.

“Kami menyarankan beli untuk investor dengan horizon investasi jangka panjang seiring dengan optimisme kami terhadap peluang penurunan imbal hasil hingga akhir tahun 2016. Pilihan SUN tersebut diantaranya adalah seri FR0052, FR0073, FR0054, FR0058, FR0068, FR0072, FR0057 dan FR0067.”

Sementara itu dari perdagangan surat utang global, pergerakan imbal hasilnya terlihat mengalami penurunan yang dipengarui oleh data ekonomi yang disampaikan pada akhir pekan kemarin. Imbal hasil dari US Treasury dengan tenor 10 tahun ditutup pada level 1,5135% mengalami penurunan dari posisi penutupan sebelumnya di level 1,560% setelah data Indeks Harga Produsen (Producer Price Index) untuk periode Juli 2016 mengalami penurunan sebesar 0,4% dibandingkan periode sebelumnya dimana analis memperkirakan mengalami peningkatan sebesar 0,1%.

Kondisi tersebut dapat menurunkan estimasi terhadap penurunan angka inflasi yang akan disampaikan pada pekan ini. Selain itu data penjualan ritel juga tumbuh di bawah estimasi, dimana untuk bulan Juli 2016 penjualan ritel yang terjadi sama dengan periode sebelumnya sementara itu analis memperkirakan tumbuh sebesar 0,4%. Adapun imbal hasil surat utang Jerman (Bund) ditutup dengan penurunan terbatas pada level -0,096% dari posisi penutupan sebelumnya di -0,094%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Riendy Astria

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper