Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BURSA EROPA: Sektor Energi dan Tambang Menguat, Indeks Stoxx 600 Menguat 0,4%

Bursa saham Eropa menguat pada akhir perdagangan ditopang oleh rebound harga minyak mentah yang memacu saham sektor energi serta tambang.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa saham Eropa menguat pada akhir perdagangan ditopang oleh rebound harga minyak mentah yang memacu saham sektor energi serta tambang.

Indeks Stoxx Europe 600 menguat 0,4% ke posisi 350,74 pada penutupan perdagangan, setelah sebelumnya jatuh 0,5%. Indeks masih lebih rendah 16% dari rekor tertinggi tahun lalu.

Optimisme atas stimulus Bank Sentral Eropa telah menimbulkan skeptisisme akan kemampuan stimulus dalam mendorong pertumbuhan ekonomi.

Total SA memimpin mendorong penguatan sektor energi karena pulihnya harga minyak mentah menyusul data yang menunjukkan penurunan produksi minyak mentah AS.

ABB Ltd menguat 3,8% setelah produsen jaringan listrik terbesar di dunia ini membukukan laba yang melebihi perkiraan.

"Harga minyak tetap menjadi fenomena. Volatilitas harga minyak tidak akan berakhir, karena fokus utamanya bukan pada pasokan dan permintaan. Kita harus mengakui bahwa ini adalah permainan kekuasaan," kata Guillermo Hernandez Sampere, kepala perdagangan di MPPM EK seperti yang dikutip dari Bloomberg, Rabu (20/4/2016).

Di antara saham yang bergerak, Commerzbank AG turun 2,2% setelah CEO perusahaan Martin Blessing mengatakan perlambatan pada kuartal pertama akan membuat pencapaian laba lebih sulit.

ASML Holding NV turun 4,1%, menyeret saham sektor teknologi menjadi sektor berkinerja terburuk di Stoxx Europe 600, setelah produsen semikonduktor ini memperkirakan tekanan pada pendapatan karena pengenalan teknologi baru meningkatkan beban biaya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper