Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BATU BARA: PTBA Tutup Tambang Ombilin, Sumbar Bentuk Tim

Pemerintah Provinsi Sumatra Barat membentuk tim guna proses pengambilalihan tambang batubara Unit Pertambangan Ombilin di Sawahlunto jika ditutup oleh PT Bukit Asam Tbk
PTBA. /Bisnis
PTBA. /Bisnis

Bisnis.com, PADANG— Pemerintah Provinsi Sumatra Barat membentuk tim guna proses pengambilalihan tambang batu bara Unit Pertambangan Ombilin di Sawahlunto jika ditutup oleh PT Bukit Asam Tbk.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan sudah membentuk tim untuk mengantisipasi jika manajemen perusahaan plat merah itu menutup operasional produksi batu bara di wilayah tambang tertua di Tanah Air itu.

“Kami bentuk tim untuk memproses, kalau kemungkinan di take over. Tapi harapan kami PTBA melanjutkan operasionalnya di Ombilin,” kata Irwan, Kamis (7/4/2016).

Dia menyebutkan manajemen PT BA UPO sudah mengabarkan kondisi perusahaan yang terus merugi, dan berencana menutup keseluruhan operasional perusahaan di daerah itu.

Sebagai jawaban, Irwan mengungkapkan sudah menyurati manajemen PTBA dengan mengajukan dua opsi, yakni perusahaan tersebut tetap melanjutkan operasionalnya di Sumbar, dan opsi kedua melakukan take over.

Menurutnya, jika opsi kedua yang ditetapkan manajemen PTBA, maka Sumbar berencana mengambil alih pengelolaan tambang Ombilin melalui Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) sebagai pengelola.

“Belum, kami masih menunggu keputusan manajemen PTBA, karena kalau take over kan prosesnya panjang,” katanya.

Sebelumnya, manajemen PTBA berencana menutup operasional tambang Ombilin di Sawahlunto, Sumatra Barat menyusul semakin tipisnya cadangan batu bara dan beban operasional yang terlalu tinggi, sehingga tidak menguntungkan perusahaan.

General Manager PTBA UPO Eko Budi Saputro menuturkan direksi segera memutuskan apakah tambang Ombilin tetap dipertahankan atau ditutup dalam RUPS pekan depan.

“Keputusannya dalam waktu dekat ini, di RUPS apakah dipertahankan atau ditutup,” katanya.

Eko menuturkan saat ini operasional produksi batu bara tambang Ombilin sudah berhenti sejak Februari. Operasional perusahaan hanya dalam bentuk perawatan lubang bekas tambang untuk proses pasca tambang.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Heri Faisal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper