Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mandiri Sekuritas Rekomendasikan Jual Saham MAPI

Mandiri Sekuritas merekomendasikan jual saham PT Mitra Adiperkasa Tbk. (MAPI) dengan target harga Rp2.700 per saham.
Ilustrasi/mandirisekuritas.co.id
Ilustrasi/mandirisekuritas.co.id

Bisnis.com, JAKARTA - Mandiri Sekuritas merekomendasikan jual saham PT Mitra Adiperkasa Tbk. (MAPI) dengan target harga Rp2.700 per saham.

Matthew Wibowo, Analis Mandiri Sekuritas, mengatakan beban bunga utang MAPI yang naik, akibat kredit jangka pendek tambahan untuk membiayi persediaan musim baru patut diperhatikan.

"Dengan kondisi tersebut, kami meyakini bahwa beban bunga yang naik dari modal kerja akan lebih besar dibandingkan dengan usaha perseroan untuk menghemat beban utang dari penerbitan obligasi tidak berkupon yang diterbitkan pada pertengahan 2015," ujarnya dalam rilis yang dikutip Sabtu (6/2/2016).

Soal ekspansi, lanjutnya, masih sama seperti tahun lalu, MAPI membidik kinerja yang konservatif tahun ini. Perusahaan menargetkan ekspansi lahan toko seluas 65.000 meter persegi tahun ini, termasuk 15.000 meter persegi untuk Sogo Dept. Store di Supermall Pakuwon 2, Surabaya.

Padahal, divisi department store merupkan divisi yang menghasilkan profitabilitas terendah, dibandingkan dengan divisi lainnya. Ke depannya, MAPI masih menunggu untuk toko Galaries Lafayette Department miliknya mencapai titik keuntungan yang diprediksi dapat dicapai pada tahun ini.

Untuk tahun ini, MAPI menargetkan pertumbuhan pendapatan sebesar 12%-13% yoy, dengan same store sales growth (SSSG) 6%. Margin laba kotor akan berkisar pada rentang 45%-46%, dan margin laba kotor dan laba bersih yang sedikit lebih baik.

"Kami meyakini kinerja MAPI akan masih tertekan tahun ini. Beberapa tantangannya adalah tekanan margin, beban bunga yang naik, dan  turnover persediaan. Karena itu, kami masih merekomendasikan sell untuk MAPI dengan harga Rp2.700 per saham," ucap Matthew.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper