Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BURSA EROPA 21 Januari: Indeks Stoxx 600 Naik 0,5%

Investor menunggu komentar Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi dan membuat saham Eropa dibuka naik pada perdagangan Kamis (21/1/2016).

Bisnis.com, JAKARTA— Investor menunggu komentar Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi dan membuat saham Eropa dibuka naik pada perdagangan Kamis (21/1/2016).

Stoxx Europe 600 Index jatuh 2,99% pada 09.36 waktu London. Benchmark anjlok 3,2% usai melebarnya kekhawatiran akan prospek pertumbuhan global.

Perlambatan ekonomi China dan terjunnya harga minyak menambah kekhawatiran sehingga pada minggu lalu Stoxx 600 turun sebanyak 12% persen tahun ini.

Kepala Investasi Perdana Partners SA, seorang manajer investasi yang berbasis di Jenewa, Francois Savary mengatakan rebound berlangsung tanpa berita fundamental yang benar-benar menggeser sentiment.

"Tidak ada alasan untuk memberatkan ekuitas, tapi ECB bisa berdampak meyakinkan hari ini. Pasar perlu mendengar bahwa kebijakan moneter mereka tetap akomodatif," terangnya seperti yang dikutip dari Bloomberg.

Investor mencari perlindungan dari gejolak pasar global, sehingga menunggu Draghi berpidato untuk mendapatkan petunjuk bahwa para pejabat ECB bersiap-siap segera mengeluarkan stimulus baru setelah pertemuan pada bulan Maret.

Dia akan mengadakan konferensi pers di 2:30 pm di Frankfurt, 45 menit setelah keputusan suku bunga diumumkan. Langkah-langkah tambahan bank sentral bulan lalu meninggalkan pedagang kecewa dan membuat Stoxx 600 berada di level terburuk hingga Desember sejak tahun 2002.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Atiqa Hanum
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper