Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BEI Padang Targetkan 5.180 Investor Baru Tahun Ini

Mendorong peningkatan kinerja pasar modal, PT Bursa Efek Indonesia (BEI) cabang Padang menargetkan tambahan investor baru di daerah itu mencapai 5.180 investor saham tahun ini.
BEI
BEI

Bisnis.com, PADANG—Mendorong peningkatan kinerja pasar modal, PT Bursa Efek Indonesia (BEI) cabang Padang menargetkan tambahan investor baru di daerah itu mencapai 5.180 investor saham tahun ini.

Kepala BEI cabang Padang Reza Sadat Shahmeini menyebutkan target investor baru itu naik tiga kali lipat dari tahun sebelumnya yang hanya 1.731 investor. Namun, dalam praktiknya BEI Padang mampu merealisasikan 2.337 investor baru.

“Kami optimis target itu tercapai, karena tahun lalu realisasinya jauh di atas target,” katanya, Selasa (12/1/2016).

Selain jumlah investor, BEI Padang juga menargetkan rerata transaksi saham di daerah itu naik tiga kali lipat atau berkisar Rp180 miliar per hari.

Tahun lalu rerata transaksi mencapai Rp62,39 miliar per hari atau berkisar Rp1,31 triliun per bulan, dengan rerata pertumbuhan 30% per tahun.

Dia mengatakan sepanjang tahun lalu, transaksi investor saham asal Sumbar merupakan yang tertinggi nomor tujuh di Tanah Air, setelah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Banten, Jawa Tengah, dan Sumatra Utara.

Dari data bursa, Reza mengungkapkan dua kota di Sumbar masuk daftar 50 kota dengan transaksi teraktif, yakni Kota Padang dengan rerata transaksi Rp43,78 miliar per hari dan Kota Payakumbuh dengan kisaran transaksi Rp17,58 miliar per hari.

Dia meyakini volume transaksi saham tahun depan bakal terus meningkat mengingat pertumbuhan investor bursa yang mencapai 51,81% per tahun di daerah itu.

Selain itu, optimisme pasar juga kian tinggi menyusul kebijakan pemulihan ekonomi pemerintah dan dampak kebijakan The Fed terhadap pasar dalam negeri. Apalagi potensi daya beli masyarakat diyakini meningkat dan belanja infrastruktur pemerintah.

Adapun, strategi meningkatkan jumlah investor masih dilakukan dengan cara menyasar perguruan tinggi, lembaga pemerintahan, dan perusahaan swasta.

Sebelumnya, BEI sudah membuka empat galeri pojok bursa di Universitas Andalas, Universitas Negeri Padang, Politeknik Negeri Padang, dan Universitas Putra Indonesia YPTK.

“Kampus lainnya juga akan kami sasar, untuk meningkatkan jumlah investor pasar modal dari Sumbar,” ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Heri Faisal

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper