Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Total Nilai Produk Pengelolaan Investasi Menyusut

Total nilai produk pengelolaan investasi sepanjang tahun ini mencapai Rp408,28 triliuh atau turun1,81% dibandingkan akhir tahun lalu
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA— Total nilai produk pengelolaan investasi sepanjang tahun ini mencapai Rp408,28 triliun atau turun 1,81% dibandingkan akhir tahun lalu.

Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sejak 2011 hingga 2014 total nilai produk pengelolaan investasi terus meningkat. Artinya, baru mengalami penurunan tahun ini. Adapun, produk pengelolaan investasi mencakup reksa dana, reksa dana penyertaan terbatas (RDPT), efek beragun aset (EBA), dana investasi real estate (DIRE), dan kontrak pengelolaan dana (KPD).

Untuk produk RDPT turun menjadi Rp17,64 triliun dari Rp28.07 triliun pada akhir tahun lalu. Sedangkan untuk produk EBA dan DIRE belum mengalami perubahan sejak tahun lalu. Adapun, produk KPD turun 14,82% menjadi Rp119,63 triliun dari Rp140,45 triliun.

Namun demikian, untuk produk reksa dana mengalami kenaikan sekitar 9,54% dari Rp241,46 triliun menjadi Rp265,15 triliun (per 13 November 2015).

Sujanto, Direktur Pengelolaan Investasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) secara keseluruhan total nilai produk pengelolaan investasi sepanjang tahun ini memang mengalami penurunan. Namun demikian, untuk produk reksa dana terlihat tumbuh dengan baik.

“Kami akui ada penurunan, ini disebabkan kondisi pasar juga, tapi untuk produk reksa dana masih bagus,” kata Sujanto di Jakarta, Kamis (19/11).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Riendy Astria

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper