Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Pilihan Berinvestasi Syariah untuk Umrah

Hampir setiap umat Islam memiliki impian mendatangi Tanah Suci Makkah, salah satunya lewat ibadah umrah. Biaya untuk pergi umrah tak setinggi pergi haji, sehingga impian beribadah di tanah suci semakin mudah dicapai. Nah, inilah instrumen investasi yang layak dipilih untuk membiayainya.
Ka'bah di Masjidil Haram di Makkah, Arab Saudi/Ilustrasi
Ka'bah di Masjidil Haram di Makkah, Arab Saudi/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Hampir setiap umat Islam memiliki impian mendatangi Tanah Suci Makkah, salah satunya lewat ibadah umrah. Biaya untuk pergi umrah tak setinggi pergi haji, sehingga impian beribadah di tanah suci semakin mudah dicapai. Apalagi, saat ini banyak sekali agen perjalanan yang menawarkan layanan umrah.

Anda sendiri punya rencana melaksanakan ibadah umrah? Ada baiknya segera bersiap-siap dengan menyimpan dana pada instrumen investasi syariah. Mengapa tidak menabung saja? Dan mengapa harus menyimpan pada intrumen investasi syariah?

Menurut Direktur dan Senior Partner OneShildt Financial Planning Budi Raharjo, jenis instrumen investasi yang ideal untuk persiapan umrah adalah instrumen yang tentunya memenuhi kaidah investasi syariah misalnya logam mulia, dinar emas, reksa dana syariah, saham syariah ataupun tabungan rencana syariah. Selain itu, sukuk ritel juga dapat menjadi pilihan.

Instrumen investasi semacam itu ideal untuk dipilih karena sesuai dengan tujuannya untuk ibadah. Jika memilih instrumen investasi syariah, akan terbebas dari unsur riba, gharar (tipu daya), maisyir (perjudian), atau haram. Dengan begitu, akan sangat membantu menyempurnakan ibadah.

Untuk merealisasikan rencana ibadah umrah, coba lihat kembali kemampuan Anda. Saat yang tepat untuk mulai mempersiapkan umrah yaitu apabila kebutuhan dasar telah mampu dipenuhi. “Dan jangan sampai niat untuk umrah mengabaikan kewajiban agama yang lain yang harus dituntaskan sebelumnya,” katanya.

Anda dapat menyesuaikan berapa lama akan mengumpulkan dana untuk umrah sesuai kemampuan. Jika Anda hanya mampu mencicil, maka kumpulkan dana sedikit demi sedikit. Anda dapat menyiapkan dalam jangka waktu tiga hingga lima tahun. Kumpulkan dana ke dalam instrumen investasi yang telah Anda pilih.

Ingat, biaya umrah berkaitan erat dengan nilai kurs, inilah yang menjadi alasan kuat mengapa sebaiknya mempersiapkan lewat investasi. Karena, ada tingkat kenaikan biaya umrah dan risiko pelemahan nilai tukar rupiah terhadap mata uang yang bersangkutan.

Melalui investasi, uang yang dikumpulkan berpotensi berkembang. Berbeda dengan menabung, jumlah yang terkumpul nantinya belum tentu mengejar tingkat kenaikan biaya umrah.

Pilihan produk investasi syariah belum terlalu banyak, sehingga variaisi tingkat keuntungan dan risikonya juga masih terbatas. Jadi, sebaiknya maksimalkan penggunaan suaatu instrumen investasi syariah yang ada dengan menciptakan portofolio yang sesuai tujuan dan karakter investasi Anda.

Jangan ragu mempersiapkan ibadah umrah dengan investasi syariah ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper