Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hendak Diakusisi Asing, Saham CPGT Melonjak 18%

Harga saham PT Cipaganti Citra Graha Tbk. (CPGT) menguat 18% menjadi Rp118 pada penutupan perdagangan hari ini, Kamis (11/9), seiring mencuatnya kabar masuknya investasi asing di perseroan.

Bisnis.com, JAKARTA -- Harga saham PT Cipaganti Citra Graha Tbk. (CPGT) menguat 18% menjadi Rp118 pada penutupan perdagangan hari ini, Kamis (11/9), seiring dengan mencuatnya kabar masuknya investasi asing di perseroan.

Perusahaan investasi berbasis di Hongkong Terra Investment Holdings Limited berencana mengambil alih 1,92 miliar saham PT Cipaganti Citra Graha Tbk. atau setara 54,69%.

Hal ini disampaikan Terra Investment kepada otoritas Bursa Efek Indonesia. Setelah proses akuisisi itu selesai, Terra wajib melakukan tender offer pada harga penawaran terendah Rp105 per saham.

Setelah proses transaksi rampung, Terra dan anak usaha Argentum Assets Pte Ltd. akan memiliki saham CPGT sebanyak 54,69%. Menurut laporan registrasi pemegang efek yang dirilis Cipaganti, Argentum telah menguasai saham CPGT sebanyak 5,27% per 31 Agustus 2014.

Toto Moeljono, Sekretaris Perusahaan Cipaganti, mengatakan belum mengetahui rencana Terra Investment tersebut. “Kalau rencana itu saya belum mengetahuinya karena belum ada laporan resmi,” ungkapnya, Kamis (11/9/2014).

Baru-baru ini, sejumlah rumor mengenai akuisisi Cipaganti banyak beredar. Raja bisnis transportasi asal Filipina William Chiongbian II berencana masuk sebagai pengendali Cipaganti untuk melebarkan sayap bisnis di sektor logistik, infrastruktur, dan transportasi di Indonesia.

William merupakan salah satu komisaris Cipaganti. Selain itu, saat ini dia juga menjabat Presiden dan Chief Executive Officer (CEO) Fast Logistic Corporation yang bergerak di sektor logistik, infrastruktur, dan transportasi di Filipina.

Selain itu, PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk. juga menampik kabar rencana mengakuisisi Cipaganti. Indrawan Sumantri, Direktur Keuangan dan Corporate Secretary Citra Marga Nusaphala Persada, menegaskan perseroan tidak berniat mengambil alih emiten transportasi tersebut.

Sebelumnya santer dugaan CPGT bakal diambil alih oleh emiten berkode saham CMNP itu. Apalagi, salah satu jabatan direksi di kedua perusahaan dipegang oleh orang yang sama, yakni Lasmar L. Edullantes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Maftuh Ihsan
Editor : Nurbaiti

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper