Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Medco Selesaikan Akuisisi Blok Migas di Tunisia

PT Medco Energi Internasional Tbk. (MEDC) melalui anak usahanya, Medco Tunisia Petroleum Limited, telah menyelesaikan akuisisi 100% saham Storm Ventures International (Barbados) Ltd. senilai US$114 juta.
Kilang pengolahan minyak Medco/Istimewa
Kilang pengolahan minyak Medco/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA—PT Medco Energi Internasional Tbk. (MEDC) melalui anak usahanya, Medco Tunisia Petroleum Limited, telah menyelesaikan akuisisi 100% saham Storm Ventures International (Barbados) Ltd. senilai US$114 juta.

 Siaran pers perusahaan itu Rabu (20/8/2014) menyebutkan Medco membelinya dari Storm Ventures International (BVI) Ltd.

 Storm Ventures International (BVI) Ltd. merupakan anak usaha Chinook Energy, Inc. yang terdaftar di Bursa Saham Toronto. Transaksi ini berlaku efektif sejak 1 Januari 2014.

 Harga dasar pembelian adalah US$114 juta. Namun, ditambah modal kerja senilai US$13,7 juta, total transaksi adalah sebesar US$127,7 juta.

Presiden Direktur & CEO MedcoEnergi Lukman Mahfoedz menyatakan persetujuan dari Pemerintah Tunisia dan beberapa mitra kerja dari blok-blok tersebut telah diperoleh pada 18 Agustus 2014.  

“Sesuai dengan tanggal efektif yang berlaku yaitu sejak 1 Januari 2014, MedcoEnergi akan memiliki hak kepemilikan di delapan area yang terdiri dari empat blok eksplorasi, dua blok pengembangan dan dua blok produksi,” ujarnya.

Dari delapan wilayah kerja ini, lima di antaranya berlokasi di darat dan terletak di Ghadames Basin (Adam, Sud Remada, Bir Ben Tartar, Jenein dan Borj El Khadra). Sementara tiga sisanya berada di lepas pantai, terletak di Cekungan Pelagian, lepas pantai timur laut Tunisia.

“MedcoEnergi akan menjadi operator di enam blok, yaitu Sud Remada, Bir Ben Tartar, Jenein, Cosmos, Hammamet dan Yasmin,” jelas Lukman.

 Adapun total produksi minyak saat ini sebesar 2.800 barel minyak per hari (bph) dari Blok Adam dan Bir Ben Tatar.

 Ke depannya, produksi akan dinaikkan hingga 16.000 bph melalui pengeboran sumur in-fill di blok produksi (Bir Ben Tartar) dan pengembangan lapangan Cosmos, Yasmin dan Fushia yang dijadwalkan selesai pada 2018.  

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor : Ismail Fahmi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper