Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PGN Mulai Garap Proyek CNG di Semarang

PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk. (PGN) resmi memulai proyek clusterisasi compressed natural gas (CNG) di kawasan industri Tambak Aji, Semarang.
Ardhanareswari AHP
Ardhanareswari AHP - Bisnis.com 24 April 2014  |  15:29 WIB
Kilang pengolahan gas. PGN mulai garap proyek CNG di Semarang - JIBI
Kilang pengolahan gas. PGN mulai garap proyek CNG di Semarang - JIBI

Bisnis.com, SEMARANG—PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk. (PGN) resmi memulai proyek clusterisasi compressed natural gas (CNG) di kawasan industri Tambak Aji, Semarang.

Dalam keterangan resmi yang dirilis perseroan pada Kamis (24/4/2014) manajemen menguraikan CNG clustering adalah fasilitas CNG yang dihubungkan dengan jaringan pipa distribusi sebagai penunjang yang menghubungkan dengan pelanggan.

Rencananya pasokan gas CNG tersebut akan didistribusikan pada pelanggan industri di wilayah Tambak Aji serta rumah tangga di perumahan Kliwonan dan Wahyu Utomo. Pasokan CNG akan dianggut dengan truk 40 feet berkapasitas 4.000 kaki kubik.

Suplai CNG akan disalurkan melalui pressure reducing station (PRS) yang terhubung dengan pelanggan melalui jaringan pipa sepanjang 5.150 meter dengan potensi awal gas bumi sebesar 710.000 kaki kubik per hari atau setara dengan lebih dari 600 kilo liter pemakaian per bulan pemakaian solar.

Dengan demikian, menurut perseroan, pelanggan nantinya dapat menghemat biaya energinya hingga lebih dari Rp50 miliar per tahun.

Manager PGN area Semarang Edy Sukamto mengatakan pihaknya menargetkan pelanggan sudah bisa mulai menikmati gas di tengah tahun ini. “Sebelum 17 Agustus 2014 kami targetkan gas sudah dapat dinikmati di kawasan Tambak Aji.

Adapun penandatangan kontrak konstruksi telah dilaksanakan General Manager SBU Distribusi Wilayah II, Wahyudi Anas dengan Direktur Utama PT PGAS Solution Dilo Seno Widagdo selalu kontraktor Proyek. Sementara itu biata investasi pengerjaan proyen ini beserta pemasangan pipanya adalah Rp11 miliar.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pgn tbk
Editor : Ismail Fahmi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top