Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Saham Jasa Marga (JSMR) di Bali Tol Terdilusi Jadi 58,02%

PT Jasa Marga (Persero) Tbk. (JSMR) menambah kepemilikan saham di PT Jasamarga Bali Tol dari Rp111,8 miliar menjadi Rp409,9 miliar sehubungan langkah penerbitan saham baru (rights issue) pemilik konsesi jalan tol di atas laut Bali itu.
ilustrasi/bisnis.com
ilustrasi/bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk. (JSMR) menambah kepemilikan saham di PT Jasamarga Bali Tol dari Rp111,8 miliar menjadi Rp409,9 miliar sehubungan langkah penerbitan saham baru (rights issue) pemilik konsesi jalan tol di atas laut Bali itu.

Namun, kepemilikan operator jalan tol pelat merah itu terdilusi dari 60% menjadi 58,02% sehubungan dengan rights issue dan masuknya dua pemegang saham baru, yakni Pemprov Bali dan Pemkab Badung.

Jasamarga Bali Tol meningkatkan modal ditempatkan dan disetor dari Rp186,3 miliar menjadi Rp706,2 miliar.

Selain Jasa Marga, penambahan modal juga dilakukan oleh lima pemegang saham lainnya, seperti PT Pelabuhan Indonesia III (Persero), PT Angkasa Pura I (Persero), PT Pengembangan Pariwisata Bali (Persero), PT Adhi Karya (Persero) Tbk, dan PT Hutama Karya (Persero).

Bahkan, rights issue itu diikuti oleh penambahan jumlah pemegang saham yakni Pemprov Bali Rp29,6 miliar (kepemilikan saham 4,1%) dan Pemkab Badung Rp94,6 miliar (13,3%).

Sekretaris Perusahaan Jasa Marga David Wijayatno menuturkan persentase kepemilikan perseroan di Jasamarga Bali Tol akan mengalami dilusi lagi menjadi 55%, bila Pemprov Bali melakukan penyetoran modal tahap II.

“Pemprov Bali memperoleh persetujuan dari RUPSLB [rapat umum pemegang saham luar biasa] untuk melakukan penyetoran tahap II sebesar Rp65 miliar dan Jasamarga Bali akan menerbitkan 38.810 saham baru atas penyetoran tahap Pemprov Bali itu,” ujarnya dalam keterangan resmi kepada otoritas bursa, Selasa (12/11/2013).

Sebelum penerbitan saham baru direalisasikan, Pemprov Bali masuk menjadi pemegang saham dalam Jasamarga Bali Tol berdasarkan akta pemindahan Hak Atas Saham tertanggal 4 September 2013 dan Pemkab Badung masuk menjadi pemegang saham berdasarkan akta pemindahan Hak Atas Saham tertanggal 10 September 2013.

Keduanya menerima pemindahan dan penyerahan Hak Atas Saham dari Jasamarga Bali Tol masing-masing sebanyak 3.168 saham senilai Rp5,3 miliar.

Saham yang diserahkan oleh Jasamarga Bali Tol berasal dari saham yang dibeli kembali (buyback) oleh Jasamarga Bali Tol dari PT Wijaya Karya (Persero) Tbk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Herdiyan
Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper