Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kenapa IHSG Anjlok saat BI Rate Naik?

Trust Securities menilai laju indeks harga saham gabungan (IHSG) yang melemah setelah BI Rate dinaikkan, karena kebijakan itu menimbulkan persepsi pasar belum yakin kondisi ekonomi makro Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA— Trust Securities menilai laju indeks harga saham gabungan (IHSG) yang melemah setelah BI Rate dinaikkan, karena kebijakan itu menimbulkan persepsi pasar belum yakin kondisi ekonomi makro Indonesia.

Kepala Riset Trust Securities Reza Priyambada  mengatakan laju IHSG yang awalnya mencoba untuk rebound, jelang sore hari berubah menjadi  pelemahan setelah rapat dewan gubernur Bank Indonesia menaikkan suku bunga acuan dari 7,25% menjadi 7,5%.

“Kenaikan BI Rate ini dipersepsikan bahwa kondisi makro ekonomi Indonesia yang belum akan membaik,” ujar Reza dalam analisanya hari ini, Selasa (12/11/2013).

Di samping itu, ujarnya, timbul juga penilaian bahwa masih akan tingginya inflasi hingga akhir tahun 2013.

Sepanjang perdagangan, IHSG menyentuh level 4.455,16 (level tertingginya) di awal sesi 1 dan menyentuh level 4.371,03 (level terendahnya) jelang preclosing, dan berakhir di level 4.380,64.

Seperti diketahui pada perdagangan hari ini IHSG dibuka naik 0,17%. Saat jeda siang, IHSG turun 0,45%. Penurunan makin tajam saat penutupan, IHSG turun 1,38%.

Bank Indonesia pada hari ini menetapkan BI Rate naik 25 basis poin dari 7,25% menjadi 7,5%.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper