Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

J.P Morgan: Beli Axis, Laba XL Axiata Bisa Terdilusi

Bisnis.com, JAKARTA-Analis J.P Morgan Securities Indonesia Aditya Srinath memperkirakan laba bersih XL Axiata Tbk akan terdilusi dalam jangka pendek secara signifikan.
Lavinda
Lavinda - Bisnis.com 06 Oktober 2013  |  13:00 WIB

Bisnis.com, JAKARTA-Analis J.P Morgan Securities Indonesia Aditya Srinath memperkirakan laba bersih XL Axiata Tbk akan terdilusi dalam jangka pendek secara signifikan.

Pada semester I/2013 Axis mengalami penurunan laba operasional sebesar Rp1,84 triliun atau dalam perhitungan tahunan diterjemahkan menjadi Rp3,68 triliun, lebih besar dari perkiraan J.P Morgan terhadap laba usaha XL Axiata.

Dengan asumsi bahwa XL bisa menurunkan kerugian Axis sebesar 75% pada 2014, efisiensi belanja modal Rp3 triliun, dan bunga utang di level 7% setelah akuisisi, perseroan memperkirakan laba bersih XL bisa terdilusi mencapai 24% pada 2014. Alhasil, laba bersih per saham (earning per share/EPS) Axiata pun diprodiksi ikut merosot 6,5%.

Menurut Aditya, isu kendala dari sisi jaringan mungkin terselesaikan. Manajemen XL memang berharap adanya efisiensi belanja modal mencapai US$800 juta, meski sekitar US$200 juta akan bertambah dan digunakan pada 2 sampai 3 tahun berikutnya. Sementara itu sebagian besar efisiensi sisanya, yakni US$400 juta akan dipakai setelah 5 tahun.

“Mengingat luasnya spektrum tambahan tersebut, JP Morgan berekspektasi adanya jumlah penghematan yang lebih tinggi,” ungkapnya dalam hasil riset perseroan.

Manajemen telah mengelola target belanja modal 2013, tetapi JP Morgan mengestimasi belanja modal bisa lebih rendah sekitar Rp2 triliun-Rp3 triliun pada 2014.

JP Morgan juga mengamati bahwa akan ada biaya lisensi yang lebih tinggi pada spektrum tambahan. Saat ini XL membayar hampir 6% dari pendapatan untuk biaya lisensi, dan perseroan mengestimasi persentasenya akan mendekati 10%.

“Dalam waktu dekat, kami tidak memperkirakan tekanan harga akan mereda, mengingat bahwa Hutch masih mengalami berbagat tantangan. Kuncinya adalah berapa lama Hutch akan mampu bertahan? apakah ini menjadi lebih dari sekedar penantian?,” ungkapnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

axis jp morgan xl axiata tbk
Editor : Nurbaiti
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top