Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pabrik Baru Semen Baturaja Berproduksi Komersial September

Bisnis.com, JAKARTA—Produsen semen pelat merah PT Semen Baturaja Tbk (SMBR) melaporkan pabrik penggilingan semen yang baru beroperasi awal bulan lalu sudah memproduksi 31.080 ton semen.
Herdiyan
Herdiyan - Bisnis.com 14 Agustus 2013  |  19:51 WIB
Pabrik Baru Semen Baturaja Berproduksi Komersial September
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Produsen semen pelat merah PT Semen Baturaja Tbk (SMBR) melaporkan pabrik penggilingan semen yang baru beroperasi awal bulan lalu sudah memproduksi 31.080 ton semen.

Sekretaris Perusahaan Semen Baturaja Zulfikri Subli menuturkan semen yang telah diproduksi tersebut telah terjual sebanyak 22.946 ton hingga akhir Juli 2013.

“Saat ini, proses produksi pabrik penggilingan semen itu masih dalam tahap percobaan atau performance test,” ujarnya dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia, Rabu (14/8/2013).

Menurutnya, kegiatan produksi komersial cement mill berkapasitas 750.000 per tahun itu ditargetkan terealisasi September mendatang.

Dari proyek itu, perseroan optimistis mampu menambah produksi 300.000—350.000 ton selama 6 bulan ke depan.Pembangunan pabrik penggilingan semen itu dilakukan sejak 2011 dengan investasi senilai Rp350 miliar.

Produsen semen yang berpusat di Palembang, Sumatra Selatan, itu berencana meningkatkan kapasitas produksi menjadi 3,85 juta ton per tahun pada 2016 seiring realisasi pembangunan cement mill baru dan pabrik Baturaja II.

Perseroan juga berencana membangun pabrik Baturaja II pada kuartal IV/2013 yang akan memproduksi semen 1,85 juta ton per tahun dan diperkirakan beroperasi mulai akhir 2016.

Dia menjelaskan investasi pembangunan pabrik Baturaja II tersebut mencapai Rp2,5 triliun yang berasal dari kas internal senilai Rp1 triliun, Rp1 triliun dari initial public offering (IPO), dan Rp500 miliar berupa pinjaman bank.

Dengan pembangunan dua pabrik tersebut, kapasitas produksi semen Baturaja akan meningkat dari saat ini sebesar 1,25 juta ton per tahun menjadi 3,85 juta ton per tahun pada 2016.

Saat ini, perseroan memiliki tiga fasilitas pabrik yakni di Palembang dengan pabrik penggilingan dan pengantongan semen berkapasitas 350.000 ton per tahun dan pabrik terak di Baturaja berkapasitas 1,2  juta ton per tahun.

Selain itu, pihaknya memiliki pabrik penggilingan dan pengantongan semen dengan kapasitas 550.000 ton per tahun di Baturaja dan Pabrik Panjang yang merupakan pabrik penggilingan dan pengantongan semen dengan kapasitas 350.000 ton per tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bumn semen baturaja cement mill pabrik semen smbr zulfikri subli
Editor :
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top