Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

AKSI EMITEN : Triwira Insanlestari Ubah Bisnis Inti

BISNIS.COM, JAKARTA-- Perusahaan yang bergerak di sektor perdagangan PT Triwira Insanlestari Tbk berencana mengubah lini bisnis inti ke sektor properti dan perhotelan untuk memperbaiki kinerja perseroan yang dalam dua tahun terakhir terus merugi.Adapun,
Amri Nur Rahmat
Amri Nur Rahmat - Bisnis.com 14 Juni 2013  |  19:38 WIB

BISNIS.COM, JAKARTA-- Perusahaan yang bergerak di sektor perdagangan PT Triwira Insanlestari Tbk berencana mengubah lini bisnis inti ke sektor properti dan perhotelan untuk memperbaiki kinerja perseroan yang dalam dua tahun terakhir terus merugi.

Adapun, sepanjang tahun lalu perseroan membukukan rugi bersih mencapai Rp20,6 miliar, membengkak 178,3% dibandingkan dengan rugi bersih 2011 sebesar Rp7,2 miliar.

Tommy Lybianto, Direktur Utama Triwira Insanlestari, mengemukakan untuk memuluskan rencana tersebut, perseroan tengah melakukan negosiasi dengan beberapa perbankan untuk mendukung ekspansi ke sektor properti dan perhotelan yang dietimasi membutuhkan dana hingga Rp80 miliar pada tahun ini.

"Sekarang masih dalam tahap feasebility study [studi kelayakan] dengan menyasar beberapa lokasi di Jakarta [untuk pembangunan hotel]. Dari sisi pendanaan, kami juga sedang menjajaki kerjasama dengan beberapa bank," ujarnya saat public expose Triwira Insanlestari hari ini, Jum'at (14/6/2013).

Menurut Tommy, melesunya harga komoditas pertambangan sepanjang tahun lalu dan diperkirakan kembali berlanjut pada tahun ini, mengakibatkan aktifitas perdagangan pada sektor ini menurun drastis dan berdampak negatif pada margin usaha perseroan.

Berdasarkan laporan keuangan emiten berkode saham TRIL itu, lini bisnis trading komoditas batubara sepanjang 2012 anjlok 70% menjadi Rp24,95 miliar secara tahunan. Sementara trading pada sektor perlengkapan manufaktur merosot 56% menjadi Rp6,93 miliar dari Rp15,77 miliar pada 2011.

Terkait rencana perubahan bisnis inti, perusahaan yang terafiliasi dengan PT Hengtraco Protecsindo itu menargetkan secara efektif akan dilakukan kuartal IV/2013 dan secara bertahap mengubah core bisnis anak perusahaan yang bergerak di trading komoditas untuk mendukung bisnis properti dan perhotelan.

"Kami juga mempertimbangkan aksi korporasi berupa penerbitan saham baru [rights issue] setelah kinerja bisnis baru mulai terlihat," papar Tommy.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

triwira insanlestari
Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top