Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AKSI KORPORASI: Rukun Raharja Gelontorkan Hampir Rp1 Triliun

BISNIS.COM, JAKARTA-- PT Rukun Raharja Tbk, perusahaan yang bergerak di sektor distributor gas alam, mengincar penambahan dua blok eksplorasi migas yang berada di Sumatra dan Kalimantan seiring dengan rencana ekspansi bisnis perseroan yang  memperkuat

BISNIS.COM, JAKARTA-- PT Rukun Raharja Tbk, perusahaan yang bergerak di sektor distributor gas alam, mengincar penambahan dua blok eksplorasi migas yang berada di Sumatra dan Kalimantan seiring dengan rencana ekspansi bisnis perseroan yang  memperkuat industri hulu penyediaan gas dalam negeri.

Budiman Parhusip, Direktur Utama Rukun Raharja, mengemukakan ntuk memuluskan rencana akuisisi tersebut perseroan pada tahun ini mengalokasikan belanja modal (capital expenditure/capex) sebesar US$100 juta atau ekuvalen Rp997 miliar.

"Kami masih mengkaji beberapa perusahaan [produsen gas] yang dibidik untuk diakuisisi, paling tidak kami menargetkan penambahan satu satu dua blok [gas] pada tahun ini," ujarnya usai RUPST Rukun Raharja, Rabu (12/6/2013).

Menurutnya, sumber capex berasal dari pinjaman sindikasi perbankan dan sisanya diambil dari kas internal dengan komposisi 70:30. Kendati demikian, Parhausip enggan menyebutkan bank yang memberikan fasilitas pinjaman kepada emiten yang berkode saham RAJA tersebut.

Pada tahun lalu perseroan memperoleh fasilitas kredit dari Bank Internasiona Indonesia senilai US$40 juta setara dengan Rp398,7 miliar yang sebagian besar digunakan untuk melunasi (refinancing) entitas anak perseroan.

Pada tahun yang sama, RAJA juga melunasi surat hutang perseroan (promissory notes) senilai Rp230 miliar yang diperoleh dari aksi rights issue.

Adapun, untuk penguatan industri hilir, perseroan mengakuisisi dua perusahaan 2011 lalu pada bidang distribusi gas ke end-user, yaitu PT Panji Raya Alamindo (PRA) dan pada bidang transmisi gas ke industrial-user PT Triguna Internusa Pratama.

Perseroan kembali melakukan akuisisi melalui anak usaha PRA yang membeli 51% saham PT PDPDE GAS yang transaksinya rampung pada kuartal III/2012.

"Volume PDPDE GAS sendiri pada 2012 mencapai 10 juta kaki kubik per hari [MMscfd], dan tahun ini akan bertambah 5 MMscfd yang akan masuk pada Juli atau Agustus," papar Parhusip.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Amri Nur Rahmat
Editor :
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper