Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Peringkat Panin Sekuritas Naik Menjadi A+(idn)

BISNIS.COM, JAKARTA – Fitch Ratings Indonesia meningkatkan peringkat nasional jangka panjang PT Panin Sekuritas Tbk menjadi A+(idn) dari A(idn) dengan outlook stabil.
Maftuh Ihsan
Maftuh Ihsan - Bisnis.com 11 Juni 2013  |  10:46 WIB

BISNIS.COM, JAKARTA – Fitch Ratings Indonesia meningkatkan peringkat nasional jangka panjang PT Panin Sekuritas Tbk menjadi A+(idn) dari A(idn) dengan outlook stabil.

Dalam keterbukaan informasi pada Selasa (11/6/2013), Fitch menilai kenaikan peringkat tersebut mencerminkan kinerja keuangan Panin Sekuritas yang terdiri dari profitabilitas yang kuat, kapitalisasi solid, dan tingkat utang  relatif rendah.

Outlook stabil memperlihatkan Panin Sekuritas akan dapat mempertahankan profil risiko stabil dalam jangka pendek-menengah yang didukung ekonomi domestik yang kondusif, rasio utang perusahaan yang terkendali, dan suku bunga rendah.

Fitch juga menyatakan terdapat tekanan kenaikan peringkat secara terbatas terhadap Panin karena sifat bisnis perseroan yang berfluktuasi.

Tekanan penurunan peringkat dapat terjadi dari kerugian besar yang tak terduga akibat pengambilan risiko yang agresif atas efek yang diperdagangkan atau risiko operasional.

Margin sebelum pajak Panin Sekuritas berkisar 68% dalam empat tahun terakhir. Sementara itu, rasio ekuitas terhadap aktiva perusahaan ini juga meningkat menjadi 56% pada 2012 dari posisi 2009 sebesar 42% walaupun di saat yang sama volatilitas indeks pasar modal cukup tinggi.

Rasio utang terhadap ekuitas Panin Sekuritas terus membaik menjadi 0,2 kali pada tahun lain dari 0,5 kali pada 2009 karena perseroan  telah melunasi obligasi yang beredar pada tahun lalu.

Fitch memperkirakan profitabilitas Panin Sekuritas tetap terjaga dengan baik mengingat sebagian besar didanai oleh ekuitas yakni sebesar 56,3% dari total aktiva. 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

fitch ratings indonesia panin securitas kinerja keuangan
Editor : Nurbaiti

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top