Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

AKUISISI DANAMON Berpotensi Mendapat Restu Regulator Bulan ini

BISNIS.COM, JAKARTA--Penawaran DBS Group Holdings Ltd untuk mengakuisisi PT Bank Danamon Indonesia bakal disetujui sesegera mungkin pada bulan ini karena regulator Singapura dan Indonesia hampir mencapai kesepakatan soal akses bank.Hal tersebut disampaikan
Achmad Aris
Achmad Aris - Bisnis.com 22 Maret 2013  |  16:16 WIB

BISNIS.COM, JAKARTA--Penawaran DBS Group Holdings Ltd untuk mengakuisisi PT Bank Danamon Indonesia bakal disetujui sesegera mungkin pada bulan ini karena regulator Singapura dan Indonesia hampir mencapai kesepakatan soal akses bank.

Hal tersebut disampaikan oleh Chairul Tanjung, Penasihat Ekonomi Presiden Indonesia, seperti dikutip Bloomberg hari ini, Jum'at (22/3/2013).

"Kami ingin tetangga kami menjadi seperti keluar, jika kami baik kepada mereka, baik juga lah kepada kami," kata pria yang akrad disapa CT itu saat berada di Hong Kong.

Proposal penawaran DBS untuk membeli Bank Danamon dengan nilai US$6,77 telah terkatung-katung hampir setahun karena bank sentral Indonesia menimbang kesepakatan terkait akses yang lebih besar bagi perbankan Indonesia di Singapura.

Dua orang sumber yang mengetahui masalah ini mengungkapkan DBS sendiri baru-baru ini melakukan pembicaraan dengan Bank Indonesia seputar akuisisi struktural dan tingkat kepemilikan akhir.

Persetujuan dari regulator akan membantu DBS mendapatkan akses terhadap peluang pinjaman yang lebih menguntungkan sementara membuka jalan mengakuisisi lebih lanjut dari bank di Indonesia.

Seorang sumber sebelumnya menyatakan Mitsubishi UFJ Financial Group Inc sedang memertimbangkan pembelian saham salah satu bank di Indonesia yakni PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional.

"Bank Indonesia dan Otoritas moneter Singapura telah menyelesaikan sebuah kesepahaman," ujar CT yang mengaku telah mendapatkan informasi tersebut dari Bank Indonesia.

Dia mengatakan regulator Indonesia menargetkan persetujuan kesepakatan dicapai pada bulan ini meski batas waktu bisa lewat beberapa minggu.

Menurut CT, regulator Indonesia kemungkinan menyetujui akuisisi DBS atas Danaman sedangkan pada saat bersamaan regulator Singapura mengumumkan akan memberikan izin operasi bagi bank asal Indonesia.

Namun demikian, pejabat resmi Bank Indonesia menolak berkomentar terkait status kesepakatan tersebut.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia chairul tanjung danamon akusisi dbs

Sumber : Bloomberg

Editor : Others

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top