Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AKSI KORPORASI: Indofood Akuisisi 50% Saham CMAA

JAKARTA—PT Indofood Sukses Makmur Tbk melalui anak usahanya yang tercatat di Bursa Efek Singapura, Indofood Agri Resources Ltd berencana melakukan akuisisi 50% saham di Comphania Mineira de Acucar e alcool Participacoes (CMAA) dan anak usaha Target

JAKARTA—PT Indofood Sukses Makmur Tbk melalui anak usahanya yang tercatat di Bursa Efek Singapura, Indofood Agri Resources Ltd berencana melakukan akuisisi 50% saham di Comphania Mineira de Acucar e alcool Participacoes (CMAA) dan anak usaha Target Group.

Werianty Setiawan, Direktur dan Sekretaris Perusahaan Indofood Sukses Makmur, mengemukakan perseroan telah mendirikan anak usaha di Singapura untuk merealisasikan rencana itu. Seluruh saham anak usaha yang bernama IFAR Brazil Pte Ltd itu, ujar Werianty, telah dimiliki oleh perseroan.

Selanjutnya, perusahaan tersebut mendirikan Indo Agri Brazil Participacoes Ltda yang seluruh sahamnya dimiliki oleh IFAR Brazil.

Pada 26 Januari 2013, perjanjian tentang rencana akuisisi tersebut telah ditandatangani oleh sejumlah pihak, seperti Indo Agri Brazil, Apia Sp Participacoes, anak usaha dari JF Citrus Agropecuaria Ltda (JF Group), ZAM Ventures, dan Fundo de Investimento em Participacoes PCP.

Pada saat yang bersamaan dengan rencana akuisisi itu, CMAA akan meningkatkan modal sahamnya. Sementara itu, JF Group akan meningkatkan kepemilikan sahamnya dalam CMAA dengan mengambil bagian seluruh saham yang akan dikeluarkan oleh CMAA tersebut.


Dalam rencana akuisisi tersebut, Indo Agri Brazil akan membayar keseluruhan harga pembelian sekitar R$143,4 juta (real Brazil) atau setara dengan US$71,7 juta.

Harga pembelian yang akan dibayarkan Indo Agri Brazil telah disetujui pihak yang bersangkutan setelah dilakukan negosiasi dan atas kesepakatan pihak pembeli dan penjual.

Langkah itu telah mempertimbangkan beberapa hal, antara lain prospek usaha dari Target Group, biaya penggantian aset, dan kesepakatan dalam transaksi serupa di Brazil.

“Rencana akuisisi ini akan didanai dari dana internal,” ungkapnya dalam keterangan resmi, Senin (28/1).
Dia menjelaskan penyelesaian rencana akuisisi ini tergantung pada berbagai kondisi tertentu yang telah ditetapkan dalam perjanjian tersebut. Proses tersebut diperkirakan akan rampung pada kuartal II 2013.

Brasil merupakan produsen terbesar gula dan etanol di dunia karena memiliki beberapa kelebihan, seperti produktivitas, iklim yang sesuai, dan lahan yang luas untuk mendukung ekspansi perseroan ke depan.

Dia menambahkan rencana akuisisi ini akan memungkinkan grup untuk melakukan ekspansi secara geografis pada industri gula dan etanol di Negeri Samba itu, serta memperkuat diversifikasi model bisnis perkebunan grup usaha itu. (if)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis :
Editor : Ismail Fahmi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper