Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bursa Asia menguat dipicu Samsung dan Toyota

JAKARTA: Bursa Asia menguat yang tercermin dari indeks unggulan bursa regional yang kini posisinya lebih tinggi untuk kenaikan terpanjang selama 6 bulan.Kondisi itu terjadi ketika para eksportir meningkatkan penjualan mereka setelah manufaktur AS tak

JAKARTA: Bursa Asia menguat yang tercermin dari indeks unggulan bursa regional yang kini posisinya lebih tinggi untuk kenaikan terpanjang selama 6 bulan.Kondisi itu terjadi ketika para eksportir meningkatkan penjualan mereka setelah manufaktur AS tak disangka-sangka berlanjut pada Juni.Samsung Electronics Co., produsen elektronik yang meraih 20% penjualannya dari AS, naik 2,8% di Seoul. Toyota Motor Corp., produsen mobil terbesar di dunia dari sisi nilai pasar, menguat 2% di Tokyo. Honda Motor Co., produsen otomotif yang menerima 84% penjualannya dari luar Jepang, naik 2,7%.Sementaraitu, BHP Billiton Ltd., perusahaan pertambangan terebsar di dunia dan produsen minyak nomor 1 di Australia, meningkat 0,9% setelah harga minyak menguat."Kenaikan indeks manufaktur menunjukkan bahwa konsumi AS adalah menggembirakan dan itu sinyal bahwa ekonomi akan lebih pulih pada akhir tahun ini," kata Takero Inaizumi, head of equity research Mizuho Investors Securities Co. yang berbasis di Tokyo."Lingkungan investasi mengalami perubahan sehingga investor lebih konsentrasi mencermati pelambatan ekonomi AS dan utang Yunani."Indeks MSCI Asia Pacific menguat 0,9% menjadi 136,76, pada pukul 9:34 a.m. di Tokyo. Indikator busa itu jatuh 3,8% dari posisi tertingi tahun ini pada 2 Mei dan pada 1 Juli ini kondisinya dipengaruhi oleh melambatnya eknomi AS, krisis utang di Eropa dan perkembangan ekonomi China.Indeks Nikkei 225 Stock Average di Jepang naik 1,3%, Indeks Kospi Index di Korea dan Indeks S&P/ASX 200 di Australia masing-masing naik 1%. (ln)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : News Editor

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper