Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menkeu: JP Morgan, UBS, Deutche tangani global bond

JAKARTA: Pemerintah menunjuk JP Morgan, UBS, dan Deutche Bank untuk menangani penerbitan obligasi global (global bond) yang road show-nya dijadwalkan akan berlangsung pada kuartal II/2011.Menteri Keuangan Agus D. W. Martowardojo membenarkan hal tersebut

JAKARTA: Pemerintah menunjuk JP Morgan, UBS, dan Deutche Bank untuk menangani penerbitan obligasi global (global bond) yang road show-nya dijadwalkan akan berlangsung pada kuartal II/2011.Menteri Keuangan Agus D. W. Martowardojo membenarkan hal tersebut ketika dimintai konfirmasi di kantornya, sore ini. Menurut dia, ketiga perusahaan investasi tersebut nantinya akan menangani penerbitan obligasi global tahun ini yang dipastikan hanya terdiri dari satu seri (tranches).Siapa tadi? Ya, sepertinya mulainya itu Deutche Bank, UBS, JP Morgan. Sekarang ini kan sudah mulai mempersiapkan. Saya rasa road show-nya di kuartal II, ujarnya.Tahun ini, pemerintah merencanakan penerbitan tiga varian obligasi negara berdenominasi valas untuk menutup kekurangan APBN 2011 sebesar Rp124,65 triliun. Ketiga varian obligasi valas tersebut adalah global bond di semester I, sukuk global dan samurai bond di semester II.Rahmat Waluyanto, Direktur Jenderal Pengelolaan Utang, menuturkan kendati sudah dijadwalkan, penerbitan obligasi valas bukanlah prioritas utama pembiayaan defisit APBN, tetapi hanya pelengkap pembiayaan dari pasar domestik.Namun, untuk menahan derasnya investor asing yang masuk ke pasar domestik, maka penerbitan surat berharga negara (SBN) valas tetap penting untuk dilakukan. Menurut dia, penerbitan global bond didahulukan agar bisa dijadikan acuan (benchmark) bagi penerbitan obligasi valas lainnya.(yn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Mursito

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper