Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Underwriter serap 57% saham IPO Garuda

JAKARTA: Sebanyak 57% atau sekitar 809,40 miliar lembar saham PT Garuda Indonesia dipastikan akan diserap penjamin pelaksana emisi (underwriter) yang terdiri dari PT Mandiri Sekuritas, PT Bahana Sekuritas dan PT Danareksa Sekuritas. Dalam riset yang
Anne Rufaidah
Anne Rufaidah - Bisnis.com 27 Januari 2011  |  11:29 WIB

JAKARTA: Sebanyak 57% atau sekitar 809,40 miliar lembar saham PT Garuda Indonesia dipastikan akan diserap penjamin pelaksana emisi (underwriter) yang terdiri dari PT Mandiri Sekuritas, PT Bahana Sekuritas dan PT Danareksa Sekuritas. Dalam riset yang dipublikasikan hari ini, Head of Research PT Bhakti Securities Edwin Sebayang mengatakan tingginya penyerapan saham oleh underwriter mencerminkan saham BUMN penerbangan ini tidak diminati oleh investor.

Sangat mengejutkan dan diluar dugaan kelebihan permintaan saham Garuda hanya 1,3 kali, sehingga tidak mengherankan 57% dari pemesanan selama bookbuilding dipenuhi oleh underwriter dan ini yang pertama kali begitu besar diberikan bagi underwriter, ujarnya, hari ini.

Secara valuasi harga, dia menyatakan harga penetapan saham Garuda sebesar Rp750 tergolong mahal jika dibandingkan dengan pesaing terdekat seperti Singapore Airline, Cathay Pasific, Air Asia, dan Malaysia Airlines.

Bahkan, dia menambahkan Garuda masih kalah bersaing dengan perusahaan penerbangan Lion Air dalam hal penguasaan pasar (market share) di industri penerbangan.(fh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Mursito

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top