Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Astra tuntaskan akuisisi GES

JAKARTA: PT Astra International menuntaskan proses akuisisi pembelian 100% saham PT General Electric Services (GES) dari General Electric Capital Corporation.Aminuddin, Sekretaris Perusahaan Astra International, melalui keterbukaan informasi kepada Bursa

JAKARTA: PT Astra International menuntaskan proses akuisisi pembelian 100% saham PT General Electric Services (GES) dari General Electric Capital Corporation.Aminuddin, Sekretaris Perusahaan Astra International, melalui keterbukaan informasi kepada Bursa Efek Indonesia pada hari ini menyatakan akta jual beli saham telah diteken pada 10 Desember 2010.Melalui transaksi ini, Astra International menjadi pemilik tunggal PT Astra Sedaya Finance (ASF). Sebelumnya, Astra International menguasai 53% saham, sedangkan GES memiliki 43% saham ASF.

Transaksi ini diawali dari penandatanganan kesepakatan jual beli bersyarat 100% saham GES pada 10 Juni 2010. Selain merampungkan pembelian saham GES, Astra International juga menyelesaikan akusisi 47% saham General Electric Capital Asia Investments Inc di PT Sedaya Pratama.

Akta jual beli saham untuk transaksi ini juga telah diteken pada 10 Desember. Astra International kini menguasai 100% saham Sedaya Pratama.

Pengambilalihan saham GES dan Sedaya Pratama telah efektif berlaku pada 10 Desember 2010, ujar Aminuddin.

Sebelumnya, Presiden Direktur Astra International Prijono Sugiarto menegaskan perseroan semakin mudah bermanuver dan profitabilitas semakin meningkat dengan memiliki 100% saham ASF.

Aksi perusahaan memperbesar porsi kepemilikan saham di ASF juga merupakan langkah yang sejalan dengan mata rantai bisnis Astra, khususnya di sektor otomotif. Harga saham perseroan dengan kode ASII pada penutupan perdagangan hari ini stagnan di level Rp52.800.(mmh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : News Editor

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper