Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

EMITEN PROPERTI: Bumi Serpong Damai (BSDE) Optimistis Kinerja Positif Berlanjut

Pengembang properti dengan kapitalisasi pasar terbesar di Tanah Air, PT Bumi Serpong Damai Tbk. membukukan laba bersih Rp4,92 triliun pada tahun 2017 atau naik 173% dibandingkan tahun sebelumnya Rp1,80 triliun.

Bisnis.com, JAKARTA — Pengembang properti dengan kapitalisasi pasar terbesar di Tanah Air, PT Bumi Serpong Damai Tbk. membukukan laba bersih Rp4,92 triliun pada tahun 2017 atau naik 173% dibandingkan tahun sebelumnya Rp1,80 triliun.

Hermawan Wijaya, Direktur Bumi Serpong Damai, menuturkan kenaikan laba bersih didukung oleh pertumbuhan pendapatan usaha sebesar 57% menjadi Rp10,35 triliun secara year-on-year.

Pendapatan usaha emiten dengan kode saham BSDE ini naik signifikan seiring dengan peningkatan marketing sales yang meningkat kurang lebih 16% menjadi sebesar Rp7,23 triliun pada tahun lalu dari Rp6,25 triliun pada tahun 2016.

Beberapa proyek baru yang menyokong marketing sales antara lain West Park, Alegria Park, Avezza, The Savia di kawasan BSD City, Apartemen Southgate di TB Simatupang dan Klaska Residence di Surabaya.

"Kami bangga karena mampu membukukan kinerja yang meningkat pada tahun 2017 di tengah industri properti yang stagnan. Ke depan, kami yakin dapat menjaga konsistensi pertumbuhan kinerja ini yang didukung oleh pertumbuhan ekonomi nasional yang semakin membaik," kata Hermawan melalui siaran pers, Kamis (1/3/2018).

Di sisi lain, jumlah aset bertambah sebesar Rp7,41 triliun menjadi Rp45,95 triliun, terutama karena peningkatan investasi dalam saham setelah penambahan kepemilikan saham PT Plaza Indonesia Realty Tbk. serta penambahan yang cukup signifikan dalam properti investasi meningkat signifikan karena penambahan unit-unit Sinarmas MSIG Tower.

Kas dan setara kas akhir tahun tetap kuat pada angka Rp5,79 triliun yang dikontribusikan dari penerimaan kas dari pelanggan dan penerimaan utang bank jangka panjang dan obligasi. Jumlah ekuitas juga meningkat kuat menjadi Rp29,20 triliun.

Dengan kekuatan fundamental tersebut, BSDE akan terus melanjutkan ekspansi pada tahun ini dengan meluncurkan proyekproyek baru. Perseroan telah menetapkan target marketing sales tahun ini sebesar Rp7,20 triliun.

Sejumlah proyek baru yang disiapkan BSDE pada tahun ini termasuk The Zora di BSD City serta Apartemen Southgate di TB Simatupang dan Klaska Residence di Surabaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ana Noviani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper