Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AKSI PANR: Antisipasi Tren Wiisata Turis China, Panorama dan OM Solutions Teken MoU

PT Panorama Sentrawisata Tbk. melalui anak usahanya Panorama Destination menandatangani nota kesepahaman dengan OM Solutions Sdn. Bhd., perusahaan asal Malaysia yang terafiliasi dengan Galasys Plc. asal Tiongkok
Turis China./.gbtimes.com
Turis China./.gbtimes.com

Bisnis.com, JAKARTA—PT Panorama Sentrawisata Tbk. melalui anak usahanya Panorama Destination menandatangani nota kesepahaman dengan OM Solutions Sdn. Bhd., perusahaan asal Malaysia yang terafiliasi dengan Galasys Plc. asal Tiongkok.

OM Solutions Sdn. Bhd. dan Galasys Plc. adalah perusahaan IT yang mengembangkan software dan platform digital untuk online travel agent (OTA).Perusahaan tersebut menguasai sekitar 70% market share penjualan tiket theme park di Tiongkok.

Emiten bersandi PANR tersebut menjalin kerjasama guna mengantisipasi perubahan gaya berwisata masyarakat Tiongkok ke Indonesia yang kini sekitar 80% nya melakukan pemesanan perjalanan jenis Free Individual Traveler (FIT) melalui OTA.

Terobosan baru yang dilakukan PANR dengan mitranya tersebut adalah menangkap pasar wisatawan Tiongkok dengan model marketing cloud online travel agent (CLOTA).

PANR melihat jumlah kedatangan wisatawan asal Tiongkok ke Indonesia terus meningkat setiap tahunnya. Untuk tahun lalu saja terjadi peningkatan sekitar 17% untuk kunjungan ke Bali sebagai destinasi utama dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

“Pasar ini besar dan sudah mulai terbentuk, tinggal bagaimana caranya kita menangkap peluang ini dengan cara yang tepat”, kata AB Sadewa, Vice President Brand and Communications Panorama Sentrawisata, dalam keterangan resminya, Jumat (2/9/2016).

Menurutnya, kerjasama model business to business ini sangat menarik karena dapat menangkap pasar baru. Sebelumnya, pendekatan ke pasar didominasi oleh traditional travel agent (TTA), kini hadir pilihan di mana PANR dapat langsung menangkap pasar dikarenakan produk tersedia di channel online.

“Sederhananya Panorama punya produk, Galasys punya digital platform untuk transaction system, payment gateway dan jaringan saluran distribusi online ke pasar Tiongkok,” tuturnya.

Saat ini, diperkirakan destinasi wisata favorit masyarakat Tiongkok di Indonesia sudah berubah. Awalnya, hanya Bali yang menjadi tujuan wisata wisata utama, kini dikarenakan keterbukaan informasi dan bertambahnya jumlah masyarakat ekonomi menengah ke atas mereka mulai melirik daerah lain selain Pulau Dewata.

Di tahap awal kerjasama tersebut, produk yang akan masuk dalam pemasaran melalui sistem CLOTA Galasys antara lain produk tur ke beberapa destinasi unggulan selain Bali, seperti Wakatobi, Pulau Cinta dan Lombok.

Mengenai target yang ingin dicapai, pihaknya optimistis melalui kerjasama ini dapat menambah kedatangan wisatawan asal Tiongkok ke Indonesia hingga 200.000 wisatawan hingga pertengahan tahun depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper