Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Modernland (MDLN) Raup Laba Rp873,42 Miliar

PT Modernland Realty Tbk membukukan laba bersih komprehensif yang diatribusikan bagi entitas induk sebanyak Rp873,42 miliar sepanjang 2015, naik 23,65% secara tahunan.nn
PT Moderen Land Realty./JIBI
PT Moderen Land Realty./JIBI

Bisnis.com, JAKARTA - PT Modernland Realty Tbk membukukan laba bersih komprehensif yang diatribusikan bagi entitas induk sebanyak Rp873,42 miliar sepanjang 2015, naik 23,65% secara tahunan.

Berdasarkan laporan keuangan yang dipublikasikan perseroan, Selasa (22/3/2016), laba Modernland ditopang pertumbuhan pendapatan dari bisnis properti dan pendapatan operasi lainnya.

Pendapatan Modernland dari penjualan properti mencapai Rp2,96 triliun atau tumbuh 4,3% secara tahunan. Pendapatan ini sebagian besar disumbang dari penjualan tanah sebanyak Rp2,47 triliun, tumbuh 42,21%.

Di samping itu, perusahaan berkode emiten MDLN itu mencetak pendapatan operasi lainnya sebanyak Rp927,26 miliar, naik tajam dibandingkan dengan posisi 2014 sebesar Rp155,26 miliar.

Pendapatan itu sebagian besar disumbang dari keuntungan pembelian diskon sebanyak Rp547,24 miliar. Pada Desember 2015, dua anak usaha Modernland mengakuisisi PT Mega Agung Nusantara (MAN) sebanyak Rp731 miliar, lebih rendah dari nilai wajar sebesar Rp1,27 triliun.

Modernland mengakuisisi MAN dengan harga lebih rendah dari nilai wajar aset bersih karena memiliki daya tawar karena membeli tanah dalam jumlah besar.

Selain itu, sebidang tanah yang dimiliki oleh MAN belum sepenuhnya dikembangkan dan memerlukan biaya tambahan dan cukup banyak waktu untuk menjadi tersediauntuk dijual ke pelanggan.

Di sisi lain, Modernland juga mendapat keuntungan dari kontrak hedging senilai Rp322,83 miliar, naik 278% dibandingkan dengan tahun lalu. Ini turut mendongkrak pendapatan operasi lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper