Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Holcim Indonesia Jual Saham Holcim Malaysia Rp1,03 Triliun

Emiten semen PT Holcim Indonesia Tbk. (SMCB) menjual saham Holcim Malaysia Sdn. Bhd. (HMSB) kepada Lavarge Malaysia Berhad. senilai RM300 juta setara dengan Rp1,03 triliun.

Bisnis.com, JAKARTA--Emiten semen PT Holcim Indonesia Tbk. (SMCB) menjual saham Holcim Malaysia Sdn. Bhd. (HMSB) kepada Lavarge Malaysia Berhad. senilai RM300 juta setara dengan Rp1,03 triliun.

Gerhard W. Schutz, Presiden Direktur Holcim Indonesia, mengatakan perseroan telah menjual seluruh saham yang dimiliki SMCB di dalam HMSB kepada Lavarge dan merupakan transaksi afiliasi.

"Penutupan transaksi jual beli saham tersebut efektif terhitung sejak 16 November 2015," ungkapnya dalam keterbukaan informasi di PT Bursa Efek Indonesia, Rabu (18/11/2015).

Transaksi penjualan 10,45 juta lembar saham HMSB yang dimiliki perseroan mencapai RM300 juta yang akan dibayarkan dalam dolar Amerika Serikat. Namun, akibat adanya pengurangan modal kerja, total nilai setelah penyesuaian mencapai RM325,54 juta.

Perseroan dan LMB memiliki hubungan afiliasi akibat kesamaan pemegang saham pendali, yakni LafargeHolcim. Share Purchase Agreement telah diteken pada 18 September 2015 antara perseroan sebagai penjual dan LMB sebagai pembeli.

Manajemen Holcim Indonesia memiliki pertimbangan efektivitas dan efisiensi pelaksanaan kegiatan usaha, serta meningkatkan fokus pada pembuatan dan penjualan semen, beton jadi, dan bahan bangunan lain di Indonesia.

"Perseroan telah memutuskan untuk menarik keberadaannya dari Malaysia dengan menjual seluruh sahamnya di dalam HMSB kepada LMB," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Sukirno
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper