Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

 Bursa Efek Indonesia/Bisnis
Bursa Efek Indonesia/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA- AAA Securities memperkirakan indeks harga saham gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Selasa (21/10/2014) berada pada rentang support 4.875-4.900, 4.840, dan resisten 5.120-5.127.

Equity Technical Analyst AAA Securities Wijen Pontus mengatakan  idealnya IHSG masih kurang satu kali upside lagi untuk menyelesaikan wave [iv] pada daily chart.

“Pada intraday chart terlihat bahwa kami memiliki dua skenario jangka pendek,” kata Wijen dalam risetnya yang diterima pagi ini, Selasa (21/10/2014).

Skenario Pertama

Saat ini, IHSG berada di akhir wave iv (underline) dan idealnya, koreksi wave iv (underline) berakhir di 5.044 (fibonacci retracement 38,2%) atau maksimal hingga 4.987 (fibonacci retracement76,4%). Karena IHSG kemarin ditutup pada level 5.040, sehingga target minimal wave iv (underline) sudah tercapai.

Artinya, jika hari ini IHSG terkoreksi pun, seharusnya akan sangat terbatas. Karena IHSG sudah berada di wave iv (underline), IHSG masih dapat menguat sekali lagi, menguji resisten fibonacci cluster 278,6% dengan 100% di level 5.127, yang juga menjadi target ideal dari wave v (underline). Perlu digarisbawahi bahwa kenaikan wave v (underline) ini sebagai bagian dari wave C dari wave [iv] (pada daily chart)-wave C memang terdiri dari 5 gelombang. Sehingga, idealnya setelah wave C selesai terbentuk, IHSG akan kembali melorot ke bawah menguji level 5.000 kembali (minimal).

Skenario pertama masih ontrack selama IHSG tidak jatuh di bawah 4.976

Skenario Kedua

Jika pada skenario pertama, kami mengasumsikan wave A-B-C dari wave [iv] (pada daily chart) sebagai pola flat correction, skenario kedua ini, kami mengasumsikan wave [iv] membentuk polacomplex correction wave w-x-y. Skenario ini masih sah dan sahih secara teori, mengingat wave w juga terdiri dari 3 gelombang, sama dengan asumsi skenario pertama pada wave A (wave A pada pola flat correction juga terdiri dari 3 gelombang).

Yang membedakan adalah, 3 gelombang sejak bottom B atau alt x, kami memberikan label wave alt a, alt b, dan alt c; alih-alih kami melabeli dengan wave i, ii, iii (underline) seperti skenario pertama. Skenario kedua ini terkonfirmasi jalan jika dan hanya jika, IHSG turun ke bawah 4.976 tanpa terlebih dahulu naik ke atas 5.101.

“Peluang terjadinya skenario pertama masih lebih besar, daripada skenario kedua, sehingga kami memberikan judul riset pagi ini sebagai "sell on strength",” kata Wijen.

Mengingat asumsi skenario pertama adalah IHSG dapat menguat sekali lagi, tambahnya,  AAA Securities belum melihat adanya perubahan intermediate dan long term view.

“Sehingga kami masih menuliskan bearish pada pandangan jangka menengah dan jangka panjang kami. Kami akan segera merevisi view kami ini jika IHSG berhasil naik dan stabil di atas 5.200 kembali,” ujarnya.

Oleh karena itu, tambahnya, AAA Securities merekomendasikan sell on strength bagi yang kemarin melakukan pembelian. Bagi yang masih memiliki portofolio nyangkut, dengan fokus pada banking, ASII, consumer goods, dan PGAS. “BoW akan dilakukan kembali ketika IHSG sudah terkonfirmasi selesai wave v (underline).”

AAA Securities mengemukakan ada 4 saham yang dapat dipertimbangkan pada perdagangan hari ini, yaitu:

  • MNCN

BoW

MNCN saat ini berada di wave iii dari wave (i) dari wave 5. Sudah seharusnya MNCN akan mengalami sedikit koreksi. Manfaatkan koreksi ini untuk BoW MNCN, mengingat, untuk midterm MNCN masih dapat menuju level 3200-3400 kembali

Buy area ideal: 2.925-3.025

Stop loss level: Di bawah 2.900

Target profit: 3.200, 3.400

  • MLPL

BoW

MLPL kemarin menguat dengan volume besar, sudah seharusnya MLPL masih akan lanjut naik, apalagi MLPL sudah terkonfirmasi selesai membentuk wave [iv]. Manfaatkan kesempatan yang ada untuk BoW, mengingat wave [v] MLPL masih jauh

Buy area ideal: 880-895

Stop loss level: Di bawah 850

Target profit: 1.000, 1.080

  • BBNI

SoS

BBNI kemarin membentuk shooting star dengan volume besar, ini adalah reversal sign. Seharusnya BBNI selesai membentuk wave c dari wave B. Manfaatkan kemungkinan rebound hari ini untuk SoS

Range sell ideal: 5.700-5.800

Target turun terdekat: Di bawah 5.000

  • ADRO

SoS

ADRO kemarin ditutup terkoreksi dengan volume besar, ini menjadi indikasi awal bahwa wave (iv) kemungkinannya sudah selesai. Jika ADRO turun di bawah 920, wave (iv) betul-betul terkonfirmasi selesai. Meskipun begitu, berdasarkan fibonacci retracement, wave (iv) targetnya ada di 1015 (fibonacci 23,6%), dan 1075 (fibonacci 38,2%). SoS ADRO dulu, karena seharusnya ADRO masih akan turun membentuk new low dengan target wave (v) turun di area 850an. Kami akan tetap SoS ADRO meskipun ADRO kembali ke atas 1.000 lagi

Range sell ideal : 980-1020

Target turun terdekat : 850

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper