Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kokok Saham Emiten Unggas saat Prabowo Ingin RI Swasembada Pangan

Swasembada pangan dan Program makan bergizi gratis Prabowo bisa jadi sentimen yang mampu menyulut kinerja saham serta peningkatan kinerja bisnis emiten unggas.
Swasembada pangan dan Program makan bergizi gratis Prabowo bisa jadi sentimen yang mampu menyulut kinerja saham serta peningkatan kinerja bisnis emiten unggas. Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Swasembada pangan dan Program makan bergizi gratis Prabowo bisa jadi sentimen yang mampu menyulut kinerja saham serta peningkatan kinerja bisnis emiten unggas. Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA — Presiden RI Prabowo Subianto yang baru dilantik telah menyampaikan keinginannya untuk swasembada pangan. Akankah saham unggas seperti PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk. (JPFA) dan PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk. (CPIN) terkerek sentimen positif ambisi Prabowo tersebut?

Senior Market Analyst Mirae Asset Sekuritas Nafan Aji Gusta mengatakan investor masih mencoba mencermati program swasembada pangan yang digencarkan Prabowo. "Implementasinya seperti apa, ini yang akan menjadi katalis positif bagi emiten unggas sebagai produsen pangan," ujarnya kepada Bisnis pada Selasa (22/10/2024).

Selain swasembada pangan, Prabowo memang memiliki program lain terkait pangan, yakni makan bergizi gratis, di mana anggarannya sudah disiapkan. Pemerintah sendiri resmi merancang anggaran untuk program makan bergizi gratis pada 2025 sebesar Rp71 triliun atau 0,29% terhadap produk domestik bruto (PDB), sesuai Rancangan Undang-undang (RUU) tentang APBN 2025.

Menurutnya, program makan bergizi gratis tersebut mampu menyulut kinerja saham serta potensi peningkatan kinerja bisnis emiten unggas.

Ditambah sentimen positif lainnya seperti penurunan suku bunga acuan yang mampu memacu pemulihan ekonomi, menurutnya saham unggas seperti JPFA dan CPIN memiliki prospek baik. "Kinerja bottom line juga tumbuh baik, ditopang kinerja penjualan yang naik," jelasnya.

Ia merekomendasikan accumulative buy untuk JPFA dengan target harga terdekat Rp1.640 per lembar. Lalu, CPIN direkomendasikan add dengan target harga Rp5.200 per lembar.

Analis Kiwoom Sekuritas Indonesia Abdul Azis Setyo Wibowo juga mengatakan pergerakan harga saham emiten unggas ke depan tersengat oleh program pemerintahan baru, di antaranya program makan bergizi gratis. Program tersebut menurutnya memberikan dampak positif terhadap emiten unggas.

"Program makan bergizi semakin dekat dilaksanakan dan ini menjadi sentimen kenaikan harga saham poultry. Saat ini memang yang menjadi peluang adalah adanya program makan bergizi gratis karena bisa menjadi peningkatan konsumsi pada unggas," ujar Azis kepada Bisnis pada pekan lalu (15/10/2024).

Meski begitu, terdapat pula tantangan yang mesti dihadapi emiten unggas seperti JPFA dan CPIN. "Mengingat masuknya musim hujan, bisa menimbulkan adanya kenaikan harga jagung yang mana ini bisa menyebabkan kenaikan cost perusahaan," tutur Azis.

Adapun, Kiwoom Sekuritas merekomendasikan trading buy untuk salah satu emiten unggas JPFA dengan target harga di level Rp1.680 per lembar.

Meski begitu, dalam dua hari terakhir setelah bergulirnya pemerintahan baru, harga saham JPFA dan CPIN jeblok. Berdasarkan data RTI Business, harga saham JPFA turun 1,87% ke level Rp1.575 per lembar pada penutupan perdagangan hari ini, Selasa (22/10/2024). Harga saham JPFA juga turun 2,17% dalam sepekan terakhir.

Kemudian, harga saham CPIN turun turun 1,19% ke level Rp4.990 pada perdagangan hari ini. Meskipun, harga saham CPIN tetap naik 0,4% dalam sepekan terakhir.

JPFA
JPFA

Swasembada Pangan

Sebagaimana diketahui, pemerintahan baru memang tengah bergeliat mendorong swasembada pangan yang harus diwujudkan dalam 5 tahun masa kepemimpinan Presiden RI Prabowo Subianto.

“Kita harus mampu memproduksi kebutuhan pangan seluruh Rakyat Indonesia, saya sudah mempelajari bersama pakar-pakar yang membantu saya. Saya yakin paling lambat 4-5 tahun kita akan swasembada pangan,” kata Prabowo di Kompleks Parlemen RI saat pelantikannya pada akhir pekan lalu (20/10/2024).

Bahkan, Prabowo optimistis dapat membawa Indonesia menjadi pusat lumbung pangan dunia. Swasembada pangan harus diwujudkan untuk melindungi ketahanan pangan RI baik di tengah kondisi krisis yang siap mengadang kapanpun.

“Indonesia harus segera swasembada pangan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya. Kita tak boleh tergantung pada sumber makanan dari luar. Dalam krisis, dalam keadaan genting, tak ada yang akan mengizinkan barang-barang mereka untuk kita beli. Karena itu, tak ada jalan lain dalam waktu yang sesingkat-singkatnya kita harus mencapai ketahanan pangan,” tegasnya.

Pada pemerintahan baru ini pun terdapat kementerian koordinator baru khusus pangan, yakni Kementerian Koordinator Pangan yang secara resmi dipimpin oleh Zulkifli Hasan.

_________

Disclaimer: berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ibad Durrohman
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper